PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI KOTA JAWA BANDAR LAMPUNG

Auliani, Neti (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI KOTA JAWA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full E.pdf]
Preview
PDF
Download (59MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survey di MI Kota Jawa Bandar Lampung, motivasi belajar peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan terlibat lebih mendalam saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan strategi pembelajaran aktif Quiz Team di dalam proses pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Quiz Team terhadap motivasi belajar Matematika kelas V MI Kota Jawa Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Quiz Team dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran aktif Group Investigation. Desain penelitiannya adalah Posttest Control Group Design, Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Kota Jawa Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen berjumlah 18 peserta didik dan kelas VA sebagai kelas kontrol berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, didapatkan hasil dari uji t independent dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil thitung>ttabel yaitu 2,491>2,035, dengan demikian artinya H0 ditolak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktifQuiz Team terhadap motivasi belajar Matematika kelas V MI Kota Jawa Bandar Lampung. Kata Kunci: pembelajaran aktif, Quiz Team, motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:00
Last Modified: 06 Jul 2018 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item View Item