ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DIPANTAI SARI RINGGUNG PESAWARAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

AGUSTINA, WIDYA (2018) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DIPANTAI SARI RINGGUNG PESAWARAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI WIDYA.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pesawaran adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung, yang memiliki cukup banyak obyek dan daya tarik wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Daerah yang memiliki potensi diberikan kewenangan untuk mengatur daerahnya sendiri sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat maupun daerah. Pantai Sari Ringgung adalah salah satu pantai indah yang memiliki keunikan tersendiri, namun belum maksimalnya pertumbuhan usaha pariwisata dan jumlah pengunjung juga tidak stabil. Melihat fenomena ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang analisis strategi promosi dan pelayanan pariwisata guna meningkatkan jumlah pengunjung di pantai Sari Ringgung Pesawaran dalam perspektif Etika Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi dan pelayanan yang dilakukan oleh pengelola dalam meningkatkan jumlah pengunjung, bagaimana pandangan etika Islam dalam strategi promosi dan pelayanan pantai Sari Ringgung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola dalam meningkatkan jumlah pengunjung, untuk mengetahui pelayanan yang dilakukan oleh pengelola dalam meningkatkan jumlah pengunjung, dan untuk mengetahui pandangan etika Islam dalam strategi promosi dan pelayanan pantai Sari Ringgung. Peneltian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 orang. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pertama: Strategi promosi dan pelayanan yang dilakukan oleh pengelola dalam meningkatkan jumlah pengunjung yaitu dengan menerapkan bauran promosi yaitu dengan periklanan melalui media elektronik, media sosial. Salles promotion dengan mengadakan even-even dan hiburan. Publisitas menggunakan surat kabar dan media elektronik. Sedangkan dalam pelayanan menerapkan TERRA, tangible dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. Empathy dengan melayani pengunjung ramah sopan dan santun, reliability dengan adanya standar pelayanan yang jelas dan keahlian pengelola, responsiveness melayani pengunjung dengan cepat dan tanggap, assurance dengan memberikan jaminan bagi para pengunjung. Ketiga: Pandangan etika Islam dalam strategi promosi dan pelayanan pantai Sari Ringgung yaitu, tidak mengobral sumpah, jujur, tidak mengingkari janji, menghindari adanya penipuan, dan rela dengan laba yang sedikit. Sedangkan dalam pelayanan yaitu, jujur, bertanggung jawab, tidak menipu, menepati janji, dan melayani dengan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:35
Last Modified: 05 Jul 2018 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item