PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DEALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL-MUHAJIRIN ABUNG SURAKARTA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Aidah, Siti Nur (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DEALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL-MUHAJIRIN ABUNG SURAKARTA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NUR AIDAH.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar fiqih adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran fiqih. Pada pembelajaran fiqih peserta didik kurang merespon dan berfikir kritis terhadap penyampaian materi pembelajaan. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman fiqih yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model pembelajaran Deep Dealogue / Critical Thinking (DD/CT) agar peserta didik terlibat langsung proses pembelajarannya. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Deep Dealogue / Critical Thinking (DD/CT) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Al-Muhajirin Abung Surakarta Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Muhajirin. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel tidak berkorelasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t diperoleh thitung= 2.340, sedangkan nilai ttabel= 1.997. oleh karena itu thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran deep dialogue and critical thinking (DD/CT. Kata Kunci: Model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DD/CT), Hasil Belajar Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:21
Last Modified: 05 Jul 2018 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item