PELAKSANAAN PROGRAM MENTORING OLEH ROHIS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN

Alhadi, Samsul (2018) PELAKSANAAN PROGRAM MENTORING OLEH ROHIS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan fungsi dan perannya, sekolah merupakan lembaga formal penyelenggara pendidikan yang bertugas membangun kecerdasan generasi muda. Kecerdasan yang diharapkan bukan hanya kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan emosional (EQ). Kecerdasan emosional penting dilaksanakan disekolah karena kecerdasan ini tidak berkembang secara alamiah. Kematangan emosi seseorang tidak sematamata didasarkan pada perkembangan usia biologisnya, tetapi tergantung pada proses pendidikan, pelatihan, dan pembimbingan yang terus menerus. Ekstrakurikuler Rohis merupakan salah satu kegiatan yang berbentuk suatu organisasi yang bersifat kesiswaan. Pembinaan sikap yakni kemampuan memfungsikan kecerdasan emosional dapat dilatih, dipelajari, dan dikembangkan dalam berbagai cara, dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis terdapat programprogram yang diusahakan dapat mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. Kegiatan Rohis dimungkinkan memberikan dukungan yang salah satunya dari program tersebut adalah mentoring. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pelaksanaan Program Mentoring dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dalam proses pengumpulan datanya digunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Data dianalisa menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi, dan yang menjadi populasi dalam penelitian peserta didik yang mengikuti mentoring yang berjumlah 570 orang dan yang menjadi sampel 50 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan program mentoring oleh Rohis dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 1 Gedong Tataan sudah lama dilakukan, namun upaya tersebut belum optimal, adapun yang telah dilakukan adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kecerdasan emosional dalam mentoring, memanfaatkan emosi secara produktif (bertanggung jawab), menumbuhkan jiwa sosial (empati), membina hubungan dan panda berkomunikasi. Selain itu dalam pelaksanaanya adanya beberapa hambatan yang belum teratasi hal itu dapat dibuktikan dengan hasil analisis dan temuan penelitian yang diharapkan dalam pengembangan kecerdasan emosional, sangatlah ideal, sehingga perlu kerja keras untuk mewujudkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:38
Last Modified: 02 Jul 2018 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item