PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

MUNANDAR, ARIS (2018) PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Kitab suci Al-Qur’an merupakan kitab suci yang Allah SWT turunkan sebagai pelengkap dari kitab-kitab sebelumnya, seluruh persoalan yang menyangkut kehidupan manusia telah diatur dengan sedemikian rupa oleh Allah SWT memlalui perantara kitab suci-Nya, salah satu pembahasannya ialah terkait pendidikan kepada manusia untuk dapat menghindari perilaku korupsi. Jenis penelitian ini adalah library research. Teknik domumentasi digunakam dalam pengumpulan datanya. Analisis content diterapkan dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan. Serta pola berfikir deduktif yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku tentang pendidikan anti korupsi dan ayat-ayat al- Qur’an yang membahas nilai-nilai pendidikan anti korupsi itu sendiri lalu ayat tersebut di analisis dengan menggunakan teknik At-Tahlily. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan antikorupsi perspektif Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam Dari hasil penelitian, ke-sembilan nilai pendidikan anti korupsi ini telah Allah Swt ajarkan kepada manusia melalui kitab suci Al-Qur’an, nilai-nilai tersebut meliputi : Pertama, Nilai Kejujuran terdapat di dalam Q.S An-Nahl ayat 105. Kedua, Nilai Kepedulian terdapat di dalam Q.S. At-Taubah ayat 103. Ketiga, Nilai Kemandirian terdapat di dalam Q.S. Ar-Ra’d ayat 11. Keempat, Nilai Kedisiplinan terdapat di dalam Q.S An-Nisa ayat 59. Kelima, Nilai Tanggung Jawab terdapat di dalam An- Nisa’ayat 58. Keenam, Nilai Kerja keras terdapat di dalam Q.S Al-Ankabut ayat 69. Ketujuh, Nilai Kesederhanaan terdapat di dalam Q.S Al-Furqan ayat 67. Kedelapan, Nilai Keberanian terdapat di dalam Q.S. Ali-Imran ayat 104. Kesembilan, Nilai Keadilan terdapat di dalam Q.S. Al-Maidah ayat 8. Adapun relevansinya nilai-nilai pendidikan anti korupsi perspektif Al-Qur’an dengan pendidikan Islam, dibuktikan dengan adanya hidden curriculum, sebagai kurikulum tersembunyi yang disisipkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan tujuan untuk membentuk karakter serta moral dari seperta didik agar dapat terciptanya generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Jun 2018 06:58
Last Modified: 26 Jun 2018 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item