KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 3 WAYLAGA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Buhrin, B (2018) KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 3 WAYLAGA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS BUHRIN.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala Sekolah hendaknya memahami betul apa yang menjadi tugas dan peranannya di Sekolah. Jika kepala Sekolah mampu memahami tugas dan peranannya sebagai kepala Sekolah, ia akan mudah dalam menjalankan tugasnya, terutama berkenaan dengan manajemen Sekolah yang akan dikembangkannya. Bekal kemampuan dalam memahami kompetensi sebagai seorang kepala Sekolah ini akan menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas yang harus dilakukannya. Kepala Sekolah sebagai manajer seharusnya juga mampu memahami indikator-indikator keterampilan manajerial kepala Sekolah, baik keterampilan konsep, manusiawi, maupun keterampilan teknik. Penelitian ini memfokuskan kepada kemampuan manajerial Kepala Sekolah SD Negeri 3 Waylaga Sukabumi Bandar Lampung Sub Fokus penelitian pada Keterampilan konseptual (conceptual skill), Keterampilan kemanusiaan (Human skill), Keterampilan teknis (Technical skill) yang dimiliki oleh Kepala Sekolah SDN 3 Waylaga. Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui keterampilan konseptual (Conceptual skill) Kepala SD Negeri 3 Waylaga Sukabumi Bandar Lampung; 2) Untuk mengetahui keterampilan kemanusiaan (Human skill) Kepala SD Negeri 3 Waylaga Sukabumi Bandar Lampung; 3) Untuk mengetahui keterampilan teknis (Tecnical skill) Kepala SD Negeri 3 Waylaga Sukabumi Bandar Lampung. Hasil Penelitian menunjukan : Keterampilan konseptual (conceptual skill) dan Keterampilan teknis (Technical skill) belum berjalan dengan baik sedangkan Keterampilan kemanusiaan (Human skill) sudah baik dapat dilihat dari apa yang telah Kepala SDN 3 Waylaga lakukan dalam ketiga keterampilan tertsebut. Pada Keterampilan Konsep program Koperasi Sekolah tidak berjalan dengan baik karena kurang dimanajemen dengan baik. Pada Keterampilan teknis (Technical skill) kepala sekolah lebih dominan dalam kegiatan disekolah baik itu pengaturan masalah administrasi sekolah, laporan dan belanja kebutuhan sekolah terlalu didominasi oleh kepala sekolah. Pada Keterampilan kemanuasiaan (Human skill) kepala Sekolah melakukan : (1) menjalin hubungan kerjasama dengan guru. Terbinanya hubungan kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, maka tujuan sekolah dapat dicapai dengan mudah, (2) menjalin komunikasi dengan guru. Komunikasi sangat penting dilakukan oleh kepala sekolah agar program sekolah dapat dipahami secara baik oleh guru, (3) memberikan iii bimbingan dan bantuan dalam menyelesaikan tugas guru. Kepala sekolah memberikan bimbingan dan bantuan sebagai upaya untuk memperlancar pelaksanaan tugas guru dalam proses belajar disekolah, (4) membangun semangat/ moral kerja guru, (5) memberikan penghargaan pada guru yang berprestasi, (6) menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah, Kemampuan Manajerial Kepala SD Negeri 3 Waylaga pada keterampilan konsep (Conceptual skill) dan keterampilan teknis (Technical skill) belum begitu baik, sedangkan Keterampilan kemanuasiaan (Human skill) sudah baik. Kata kunci : Manajerial, Keterampilan Konseptual (conceptual skill), Keterampilan Kemanusiaan (Human skill), dan Keterampilan teknis (Technical skill)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:40
Last Modified: 25 Jun 2018 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item