PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

SARI, DIAN OKTRIANA (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional adalah berbagai kemampuan yang diperlukan agar dapat mewujudkan dirinya sebagai guru profesional yaitu meliputi keahlian dalam bidangnya, penguasaan bahan yang harus diajarkan beserta metodenya dan rasa tanggung jawab akan tugasnya. Dalam pelaksanaan hal tersebut peran kepala madrasah sebagai supervisor sangat dominan dan menentukan peningkatan kompetensi guru. Dari pernyataan diatas penulis mencoba merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang mendukung data-data dalam penelitian. Sumber data penelitian yaitu Kepala Madrasah dan Guru. Untuk menganalisa data dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan memantau guru untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran, melaksanakan penilaian guru dengan kunjungan kelas, mengadakan pertemuan dengan guru baik individual maupun kelompok, kepala madrasah sebagai supervisor juga memberikan waktu dan pelayanan bagi guru yaitu sebagai konsultan yang baik bagi para guru dalam membimbing, mengarahkan guru dalam upaya pemecahan masalah, memberikan dukungan dan suasana kondusif dalam upaya perbaikan dan peningkatan kinerja guru dengan melengkapi fasilitas-fasilitas di dalam kelas, melakukan kegiatan pengembangan guru dengan melakukan pelatihan-pelatihan, workshop, mengikutsertakan guru dalam MGMP serta membantu guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor, Kompetensi Profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:25
Last Modified: 25 Jun 2018 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item