IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI TINJAU DARI ASPEK MOTIVASI SISWA SMA N 03 KELAS IPA XI BANDAR LAMPUN

ZAINIAH, Nia (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI TINJAU DARI ASPEK MOTIVASI SISWA SMA N 03 KELAS IPA XI BANDAR LAMPUN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NIA ZAINIAH.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Munculnya sistem pendidikan full day school di Indonesia diawali dengan menjamurnya istilah sekolah unggulan sekitar tahun 1990-an yang banyak dipelopori oleh sekolah-sekolah swasta termasuk sekolah-sekolah yang berlabel Islam. Banyak dari masyarakat mengira bahwa yang namanya sistem pendidikan sehari penuh atau full day School itu berasal dari Amerikat Serikat dan merupakan model atau sistem pendidikan yang baru dan untuk pertama kalinya diterapkan diindonesia. Namun kenyataannya sistem ini sudah ada sejak lama yaitu sistemyang digunakan di pondok pesantren. Pada umumnya siswa-siswi pada pondok pesantren akan belajar seharian penuh untuk mempelajari pengetahuan agama islam selain pengetahuan agama lainnya. Sekolah Full day School merupakan sistem atau program yang baik untuk melindungi anak-anak dari pergaulan serta berbagai pengaruh perkembangan zaman terutama dalam hal teknologi, Banyak nilai plus dari adanya program full day school sendiri dengan adanya berbagai macam kegiatan di dalamnya. Berbagai keunggulan dalam pelaksanaan program ini membuat penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah, bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam pada program Full day school di tinjau dari aspek motivasi siswa di SMA 03 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan Implementasi Pendidikan Agama Islam pada program pendidikan full day school di tinjau dari aspek motivasi siswa yang di terapkan pada SMA N 03 pada kelas XI Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dan sifat penelitian ini di golongkan kedalam kualitatif deskripstif. Adapun dalam teknik pengambilan data yang di gunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul melalui ketiga tekhnik tersebut dianalisis secara berulang-ulang. Keabsahan data menggunakan trianggulasi, trianggulasinya adalah trianggulasi sumber Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Agama Islam pada program Full day school ditinjau dari aspek Motivasi siswa di SMAN 3 khususnya kelas XI IPA terlaksana melalui 3 tahap yaitu : 1) perencanaan kegaiatan 2) pelaksanaan kegiatan 3) Hasil. program ini berjalan dengan baik sehingga pembentukan karakter di SMA N 03 sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 25 Jun 2018 05:47
Last Modified: 25 Jun 2018 05:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item