ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA WEDDING ORGANIZER (Studi Pada Griya Cantik Ozza wedding Organizer)

Sugiono, Rini Astika (2018) ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA WEDDING ORGANIZER (Studi Pada Griya Cantik Ozza wedding Organizer). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Wedding Organizer kini telah berkembang menjadi industrrui. Hal ini salah satunya dikarenakan terjadinya Indonesia tengah menghadapi bonus demografi dimana angka produktif lebih banyak di bandingkan yang tidak produktif. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern menuntut masyarakat untuk menjadi lebih sibuk bekerja khususnya masyarakat perkotaan. Wedding Organizer menjadi sebuah solusi bagi para pasangan yang bekerja dalam mempersiapakan pernikahanya. Griya cantik Ozza adalah salah satu Wedding Organizer yang dapat dikatakan belum lama berdiri yaitu dari tahun 2014, namun selama tiga tahun terakhir permintaan tidak mengalami kenaikan bahakan cenderung mengalami penurunan omzet. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga, promosi dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa GCO Wedding Organizer dan bagaimana pengaruh harga, promosi dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa GCO Wedding Organizer dalam perspektif Ekonomi Islam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan konsumen pengguna jasa GCO Wedding Organizer. Populasi dalam penelitian ini yaitu 120 konsumen pengguna jasa GCO Wedding Organizer dan sampel yang digunakan yaitu sebesar 10% dari 120 anggota (18 responden). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Deskriftif Kualitatif Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh harga, promosi, dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa Wedding Organizer Griya Cantik Ozza yaitu: Pengaruh harga, promosi, dan citra perusahaan terhadap keputusan penggunaan jasa Griya Cantik Ozza (GCO) yaitu harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari segi harga, sebagaian besar konsumen yang memakai GCO mengatakan bahwa harga yang GCO berikan hampir sama dengan harga yang diberikan perusahaan jasa Wedding Organizer lain, harga terjangkau dan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Selanjutnya dari segi promosi, sebagian besar konsumen tahun GCO karena rekomendasi keluarga atau melihat teman yang menggunakan, sementara hanya sedikit sekali konsumen yang memakai jasa GCO karena hasil publikasi/media sosial. Dan berdasarkan citra perusahaan, GCO dipandang memiliki peralatan baju dan dekorasi yang bagus serta pelayanan yang baik. Dari faktor-faktor tersebut, sebagian besar responden mengatakan akan menggunakan jasa GCO kembali bahkan akan merekomendasikan GCO kepada teman dan keluarga. Penerapan Prinsrip-prinsip penetapan harga, promosi, dan citra perusahaan pada perusahaan jasa GCO Wedding Organizer telah sesuai dengan ajaran Islam. Penetapan harga dengan tidak menggunakan jalan yang bathil serta dilakukan atas dasar suka sama suka, berpromosi sesuai dengan prinsip syariah, serta citra perusahaan yang dipandang baik karena pelayanan yang baik. Hal itulah yang membuat konsumen mempercayakan jasa Wedding Organizer kepada GCO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:57
Last Modified: 06 Jun 2018 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item