TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN HADIAH (Studi pada Alfamart Way Dadi Sukarame Bandar Lampung)

Lisdiana, L (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN HADIAH (Studi pada Alfamart Way Dadi Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of LISDIANA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prinsip jual beli dalam Islam ialah jual beli yang membawa keutungan dan manfaat pada pelakunya yang berdasarkan asas ketuhanan, etika, kemanusiaan, dan keseimbangan. keuntungan dari pihak penjual adalah apa yang di dapatkan berdasarkan kuantitas penjualan barang. Ada banyak cara yang di lakukan penjual sebagai upaya mempengaruhi pembeli agar membeli barang yang di jualnya, salah satunya ialah dengan melakukan promosi dengan menggunakan hadiah. Alfamart Way Dadi Sukarame melakukan langkah-langkah dalam menjalankan roda bisnisnya dengan menggunakan hadiah sebagai sarana promosinya. Promosi yang dilakukan oleh Alfamar Way Dadi Sukarame adalah memberikan hadiah kepada konsumennya dengan syarat, terpenuhinya jumlah kriteria belanja dan memenuhi ketentuan yang di tetapkan oleh Alfamart Way Dady Sukarame. Dari penjelasan tersebut maka timbul pertanyaan apakah promosi dengan pemberian hadiah di Alfamart Way Dadi Sukarame sudah sesuai dengan Hukum Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan promosi dengan mennggunakan hadiah yang dilakukan oleh Alfamart Way Dadi Sukarame dan bagaimana sistem promosi dengan menggunakan hadiah pada Alfamart Way Dadi Sukarame dalam pandangan hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui plaksanaan promosi dengan sisitem pemberian hadiah pada Alfamart Way Dadi Sukarame dan mengetahui bagaimana Hukum Islam tentang promosi dengan menggunakan hadiah pada Alfamart Way Dadi Sukarame. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field Research), dalam memperoleh data, metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, interview dalam pengumpulan datanya, sedangkan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan melalui penurunan dan penafsiran data iii yang ada serta menggambarkan secara umum subjek yang diselidiki dengan cara menelaah dan menganalisis suatu data yang bersifat umum, kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa promosi dengan sistem pemberian hadiah pada Alfamart Way Dadi Sukarame dengan cara belanja Rp 40.000, (kecuali rokok, susu bayi 1tahun, voucher HP), dan kemudian mengumpulkan kode unik di ekor struk hingga membentuk kata ALFA atau ALFAMART. Menurut Hukum Islam bahwa promosi dengan menggunakan hadiah yang dilakukan Alfamart Way Dadi Sukarame dilarang karena mengandung unsur ketidak jelasan, merugikan sebelah pihak dan mengkondisikan konsumen hidup mubazir, jadi promosi dengan pemberian hadiah pada Alfamart Way Dadi Sukarame diharamkan karena adanya unsur qimar, gharar, dan mubazir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:12
Last Modified: 06 Jun 2018 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item