POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL SISWA TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

SUDARSONO, S (2018) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL SISWA TSANAWIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi adalah bentuk atau pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan yang dikaitkan dua komponen, yaitu gambaran atau rencana yang meliputi langkah-langkah pada suatu aktifitas dengan komponen-komponen yang merupakan bagian penting atas terjadinya hubungan komunikasi antar manusia atau kelompok dan organisasi. Perlu disadari bahwa peran pola komunikasi sangat diperlukan dalam pembentukan mental spritual siswa. Kemudian yang menjadi masalah adalah bagaimana peran guru dalam membina mental spritual kepada siswa agar siswa dapat bertindak sesuai dengan norma kesopanan yang ada sekolah mau diluar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deksriftif kualitatif. Jenis sample untuk penelitian ini, penulis menggunakan purposive sampling dengan teknik non random. Sedangkan untuk metode yang digunakan penulis dilapangan menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Untuk teknik analisa data yang digunakan penulis yaitu menggunakan data analisa kualitatif. Hasil temuan dilapangan menujukan bahwa pola komunikasi yang digunakan guru MTsN 1 Bandar lampung adalah pola komunikasi kelompok kecil yang berlangsung secara dialogis, umpan baliknya terjadi secara verbal, siswa dapat menanggapi pembinaan dari guru dan bisa bertanya jika tidak mengerti, dan pola komunikasi guru pada Mandrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar lampung dalam pembinaan mental spritual siswa adalah pola komunikasi antarapriabdi. Dalam pelaksananya penyampain ajaran agama dalam proses belajar mengajar, terdapat pola komunikasi yang efektif. Indikasi ini dilihat dari seseorang guru yang sudah meyiapkan Rencana Program Pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikyang digunakan. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pola komunikasi guru dalam pembinaan mental spritual Di MTsN 1 Bandar Lampung yaitu pola komunikasi antarpribadi dan kelompok kecil, dan sudah menggunakan pola yang efektif, serta dalam pelaksanaan pembinaan mental siswa didukung dengan program-program yang mendukung dalam pembinaan mental spritual. Kata kunci: Pola Komunikasi Guru Dalam Pembinaan Mental Spritual Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2018 02:59
Last Modified: 05 Jun 2018 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item