PENGEMBANGAN MODUL MATERI BANGUN DATAR SISWA SD BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA DI KABUPATEN OKU TIMUR

Nelawati, N (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATERI BANGUN DATAR SISWA SD BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA DI KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI WORD.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan kebutuhan primer bagi proses belajar mengajar. Pengembangan modul yang sesuai dengan Kurikulum 2013 sekolah dasar dengan cirinya yaitu tematik integratif. Modul materi bangun datar siswa SD ini memuat dua materi yakni bidang matematika dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Pendekatan pembelajaran yang ada dalam Kurikulum 2013, yaitu pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan lingkungan sekitar. Budaya merupakan salah satu yang ada pada lingkungan masyarakat. Modul ini memuat etnomatematika yakni penerapan matematika dalam budaya. Modul ini mendukung pemerintah karena termasuk modul tematik integratif yang memuat dua materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul siswa SD dengan pendekatan saintifik bercirikan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), tahan perancangan (Design), tahan pengembangan (Develop), tahan penyebaran (Disseminate). Pengambilan sampel dilakukan di SDN 1 Terpadu Karang Kemiri dan SDN 2 Karang Kemiri. Hasil penilaian adalah penilaian ahli materi yang terdiri dari dosen dan pratisi pendidikan memberikan skor 80,78% dikategorikan sangat layak, ahli media memberi skor penilaian 65,47% dikategorikan layak, dan ahli budaya memberikan skor penilaian 80,00% dikategorikan sangat layak. Pada uji coba tahap small group, diperoleh rata-rata 3,18 dengan kategori layak. Kemudian uji coba tahap field test diperoleh rata-rata 3,34 dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul siswa SD dengan pendekatan saintifik bercirikan etnomatematika dikategorikan sangat layak dan menarik digunakan dalam pembelajaran ditingkat SD sederajat pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2018 01:46
Last Modified: 05 Jun 2018 01:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item View Item