PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi pada PT Bank BRISyariah Kantor Cabang Bandar Lampung)

Khoirini, K (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi pada PT Bank BRISyariah Kantor Cabang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 7.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangannya Bank BRI Syariah tidak hanya berfokus pada produk penghimpunan dan penyaluran dana saja, tetapi juga telah melakukan inovasi di bidang teknologi perbankan yaitu dengan adanya layanan elektronik perbankan atau yang lebih dikenal dengan sebutan E-Channel. Bank BRI Syariah dengan layanan e-channel nya mencoba menawarkan suatu teknologi perbankan yang praktis, mudah, praktis dan aman untuk digunakan oleh nasabahnya. Layanan e-channel pada bank BRI Syariah ini meliputi ATM dan Debit cards, SMSBris, MobileBris, Cash Management System (CMS), dan Internet Banking Bris. Hal ini tentunya harus terus diperhatikan dan dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa dan memberikan kenyamanan serta kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi kapanpun dan di manapun. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas pelayanan internet banking (X1) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) Bank BRISyariah KC Bandar Lampung? 2) Apakah kualitas pelayanan debit card (X2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) Bank BRISyariah KC Bandar Lampung?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan internet banking terhadap kepuasan nasabah. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan debit card terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden yang diambil dengan teknik Non Probability Sampling dengan cara Incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesa ( uji t dan uji F ), kemudian pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS 16 For Windows. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel internet banking memiliki nilai nilai t hitung sebesar 4,426 > 1,98580 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka H1 di terima yang artinya variabel independen internet banking berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen kepuasan nasabah, variabel debit card memiliki nilai t hitung sebesar 4,468 > 1,98580 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka H2 di terima yang artinya variabel independen debit card berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen kepuasan nasabah. Dari hasil uji F sebesar 65,890 > 3,09, maka H3 di terima yang artinya bahwa terdapat pengaruh positif secara bersama-sama (simultan) antara variabel independen dengan variabel dependen. Kemudian berdasarkan hasil uji determinasi atau uji R2 adalah 0,577, hal tersebut berarti 57,7% variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel internet banking dan debit card.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:12
Last Modified: 04 Jun 2018 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item