PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT 2016 DENGAN ANIMASI BLENDER 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs

Widad Fy, Sakina (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT 2016 DENGAN ANIMASI BLENDER 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SAKINA.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika melalui software program Microsoft PowerPoint 2016 pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Al Hikmah Bandar Lampung, dan juga bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi dan respon Siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Tahap analyze (analisis) berupa analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik dan analisis teknologi. (2) Tahap design (perancangan) berupa perancangan kerangka dalam media dan penyusunan instrumen. (3) Tahap development (pengembangan) berupa proses pembuatan media hingga validasi media. (4) Tahap implementation (implementasi) berupa ujicoba produk kepada peserta didik. (5) Tahap evaluation (evaluasi). Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : (1) Hasil utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah video berbasis Microsoft PowerPoint 2016 dalam pembelajaran matematika. (2) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint 2016 dan aplikasi Blender 3D. (3) validasi desain, Hasil penilaian para Ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket Ahli materi, Ahli Media dan Ahli Bahasa video pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 kali tahap validasi. Validasi akhir dari Ahli materi mencapai skor rata-rata 3,65, Ahli media 3,77 dan ahli Bahasa 3,61 maka dapat disimpulkan media yang dikembangakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Uji coba lapangan, berdasarkan hasil analisis angket respon Siswa pada uji skala kecil memperoleh skor 3,50 dan pada uji coba lapangan memperoleh skor 3,40 maka dapat disimpulkan kemenarikan media pada kategori sangat menarik. Kesimpulan yang didapat bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:44
Last Modified: 04 Jun 2018 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item