KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH CUBES DAN STAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Jantiawati, Romadona (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH CUBES DAN STAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ROMADONA JANTIAWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik karena proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi pemecahan masalah cubes dan peserta didik yang menggunakan strategi pemecahan masalah star serta peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan Quasy Eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018, teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII 9 sebagai kelas eksperimen1 dengan strategi pemecahan masalah cubes, kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen2 dengan strategi pemecahan masalah star, dan kelas VIII 10 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran langsung (Direct Instruction). Berdasarkan hasil perhitungan setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan ANAVA didapat Fhitung sebesar 26,4354932. Apabila nilai Fhitung tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel sebesar 3,15, maka dapat diperoleh bahwa Fhitung ≥ Ftabel, dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran cubes dan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran star. Setelah dilakukan uji lanjut maka disimpulkan bahwa strategi pembelajaran cubes lebih baik dari strategi pembelajaran star, dan kedua strategi pembelajaran tersebut lebih baik dari strategi pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:40
Last Modified: 04 Jun 2018 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item