PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DIKELAS III A MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Amalia, Fitri Ayu (2018) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DIKELAS III A MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, guru bahasa Arab di kelas III A MIN 2 Bandar Lampung menggunakan metode yang berpusat pada guru. Kegiatan yang dilakukan guru hanya menjelaskan materi dan memberikan latihan sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menarik. Guru membacakan mufradat dan kemudian peserta didik mengikuti dan memberikan latihan tentang materi. Hal tersebut berdampak pada penguasaan kosa kata (mufradat) peserta didik berdasarkan nilai pra siklus dari 27 peserta didik yang tuntas 6 orang (22,3%) dan yang belum tuntas 21 orang (77,7%), dengan demikiandapat dikatakan bahwa penguasaan kosa kata peserta didik masih rendah. Salah satu pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran kosa kata adalah penulis mencoba untuk menerapkan metode Index Card Match yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan penguasaan kosa kata peserta didik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah ”Apakah melalui penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab peserta didik kelas III A di MIN 2 Bandar Lampung?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata peserta didik melalui metode Index Card Match. Dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata peserta didik meningkat setelah diterapkannya metode Index Card Match. Pada pra siklus penguasaan kosa kata peserta didik yang tuntas berjumlah 6 orang (22,3%) sedangkan yang tidak tuntas 21 orang (77,7%), pada siklus I mengalami peningkatan dari 27 peserta didik yang tuntas 11 orang (65%) dan yang tidak tuntas 16 orang (35%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 27 peserta didik yang tuntas 22 orang (82%), yang belum tuntas 5 orang (18%). Dengan demikian dapat diketahuihasil tes penguasaan kosa kata peserta didik kelas III A mengalami peningkatan sebesar 52 %. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Matchdapat meningkatkan penguasaan kosa kata peserta didik kelas III A MIN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Jun 2018 02:37
Last Modified: 04 Jun 2018 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item