MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

DINDA, CHIARA (2018) MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah upaya pikiran dan perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain yang digunakan sebagai alat komunikasi. Media audio visual merupakan media yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah mengembangkan bahasa anak melalui media audio visaual di Taman Kanak-kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru dan 20 anak di kelas B1, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen analisis, data dianalisis secara kualitafi dengan menggunakan cara reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan guru membuat rencana pelaksanaan Pembelajaran, guru mempelajari buku petunjuk penggunaan media, guru menyiapkan dan mengatur peralatan media yang akan digunakan, guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap dan siap digunakan, guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai, guru menjelaskan materi kepada siswa sebelum kegiatan berlangsung , guru melakukan evaluasi. Maka semua indikator pencapaian perkembangan Bahasa dapat berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Ke tujuh langkah penggunaan media audio visual ini telah diterapkan oleh guru di Taman Kanak-kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung dan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kemampuan Bahasa anak usia dini

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 May 2018 06:30
Last Modified: 31 May 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item View Item