PUTRA, INDRA DARMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Literasi sains adalah suatu kapasitas yang menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan yang ada dan menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan dan fakta yang ada serta dapat membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional mengakibatkan peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran maka itu perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil pra penelitian bahwa kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMAN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimen design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 6 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan peneliti adalah teknik cluster random sampel dengan materi yang diajarkan keanekaragaman hayati. Proses pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumen lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa thitung > ttabel hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains dan sikap ilmiah. Berdasarkan hal ini dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 28 May 2018 06:45 |
Last Modified: | 28 May 2018 06:45 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3660 |
Actions (login required)
View Item |