STRATEGI ASURANSI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MASYARAKAT PADA ASURANSI JIWA SYARIAH AL AMIN CABANG LAMPUNG

Yulianto, Dedi (2018) STRATEGI ASURANSI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MASYARAKAT PADA ASURANSI JIWA SYARIAH AL AMIN CABANG LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DEDI YULIANTO_1441030038.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung menaruh perhatian bagi perkembangan perasuransian di Lampung khususnya perkembangan dan kebutuhan masyarakat untuk dapat bermuamalah berdasarkan syariah Islam. Dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat, Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung memiliki strategi yang berbeda dengan kebanyakan perusahaan lainnya yaitu melalui kerja sama dengan berbagai Lembaga Syariah di seluruh Lampung. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi asuransi dalam menumbuhkan minat masyarakat pada Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan interview (wawancara) berupa wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan yaitu dengan balanced scorecard untuk melihat kinerja strategi yang digunakan Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menumbuhkan minat masyarakat pada Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung, strategi yang digunakan pertama, strategi kerja sama dengan perbankan dan lembaga keuangan lainnya; kedua, pelayanan yang cepat; dan ketiga, kemudahan dalam mengurus persyaratan. Ketiga strategi tersebut masuk dalam perspektif pelanggan. Perhitungan perspektif pelanggan pada balanced scorecard skor tertinggi dibandingkan dengan tiga perspektif lainnya, yaitu sebesar 30%. Dari ketiga strategi tersebut strategi yang lebih strategis adalah strategi pelayanan dan strategi kemudahan dalam mengurus persyaratan. Sedangkan ketiga perspektif yang lain tidak berpengaruh secara strategis yaitu perspektif finansial, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh skor dengan jumlah ketiganya sebesar 54%. Dari keempat perspektif balanced scorecard yang digunakan secara keseluruhan didapatkan hasil skor sebesar 84%, hasil tersebut sudah optimal dalam mencapai target yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Terkait dengan pertumbuhan minat masyarakat, pada dasarnya minat masyarakat awalnya lebih terwakilkan oleh minat perbankan syariah terdahulu untuk pengcoveran produknya, setelah itu baru merujuk pada minat masyarakat untuk memakai jasa Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung agar semasa pengajuan pembiayaan di bank dapat terlindungi apabila terjadi resiko. Minat tersebut muncul dipengaruhi oleh kebutuhan dan pelayanan cepat yang diberikan oleh Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung serta kemudahan dalam proses iii klaim yang tidak sulit sepanjang persyaratannya dilengkapi dengan manfaat apabila nasabah meninggal dunia sebelum pembiayaan jatuh tempo dan belum lunas, hutang yang belum lunas tersebut akan dibayarkan secepat mungkin serta dengan diadakan kunjungan ke lembaga dan gathering, lembaga mitra akan terus menjaga loyalitas untuk memakai jasa Asuransi Jiwa Syariah AL AMIN Cabang Lampung sebagai pengcover produk-produknya. Kata kunci : strategi dan minat masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 01:09
Last Modified: 25 May 2018 01:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item