ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY INDOMIE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa Indekost di Rt. 001 Kelurahan Korpri Jaya Sukarame, Bandar Lampung) SKRIPSI

Rifai, Imam (2018) ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY INDOMIE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa Indekost di Rt. 001 Kelurahan Korpri Jaya Sukarame, Bandar Lampung) SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full 12.pdf]
Preview
PDF
Download (238MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ketatnya persaingan di dunia industri makanan saat ini, sehingga produsen berlomba-lomba dalam persaingan yang sangat ketat ini yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Persaingan tidak hanya terjadi pada produknya, tetapi terjadi pada brand produknya yang menjadi pemdeda atau identitas dari sebuah produk dan ikatan emosional yang istimewa dari sebuah produk dengan konsumennya. Brand equity merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan konsumen yang loyal. Indomie merupakan brand mie instan yang sudah sangat terkenal sejak dulu. Brand indomie sudah melalangbuana hingga ke mancanegara. Namun, saat ini brand indomie harus bersaing dengan brand-brand dari mie instan lain yang mulai muncul di pasar mie instan. Brand equity yang dimiliki indomie saat ini mengalami penurunan yang bisa berdampak pada loyalitas konsumennya. Permasalahan yang dikaji dalam peneletian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh Brand equity Indomie terhadap loyalitas konsumen. (2) Bagaimana pengaruh Brand equity Indomie terhadap loyalitas konsumen dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Brand Equity indomie terhadap loyalitas konsumen dan (2) mengetahui pengaruh Brand Equity indomie terhadap loyalitas konsumendalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini adalah lapangan (field research), dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian yaitu yang berkenaan dengan brand equity Indomie terhadap loyalitas konsumen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: brand equity indomie secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar 75%, yang artinya Indomie memiliki brand equity yang kuat dalam mempertahankan loyalitas konsumennya. Kedua: brand Indomie dalam perspektif etika bisnis Islam sudah sesuai berdasarkan kaidah Islam. Produk Indomie merupakan produk makanan yang halal yang diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan baik. Proses pemasarannya tidak menyalahi kaidah Islam dimana tidak ada unsur tipuan didalam iklannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 03:31
Last Modified: 21 May 2018 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item