EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS XI DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Yunita, Dewi Sarah Eva (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS XI DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (57MB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses latihan yang dikembangkan menjadi serangkaian prilaku yang di dalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, ketertiban dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mawas diri. Sedang fenomena yang terjadi di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung memiliki perilaku disiplin yang rendah dalam mematuhi tata tertib. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam mematuhi tata tertib dengan menggunakan konseling behavioral dengan teknik self-management. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui efektifitas konseling behavioral teknik self-management untuk meningkatkan perilaku disiplin peserta didik kelas XI dalam mematuhi tata tertib SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki perilaku disiplin dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku disiplin, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku disiplin sebelum mengikuti layanan konseling behavioral dengan teknik self-management adalah 37,3 dan setelah mengikuti layanan konseling behavioral dengan teknik self-management meningkat menjadi 59,8. Dari hasil uji-t dengan df = 18 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2.596, dan diperoleh thitung = 7.058. Karena thitung > ttabel (7.058 > 2.596) Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti konseling behavioral dengan teknik self-managementdapat meningkatkan perilaku disiplin peserta didik kelas XI dalam mematuhi tata tertib SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2018 07:33
Last Modified: 15 May 2018 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item