PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Simanjuntak, Mutiara Icmi (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri yang rendah merupakan awal dari terhambatnya perkembangan diri peserta didik yang optimal dan prestasi yang diinginkan. Kepercayaan diri rendah terdapat pada peserta didik kelas X di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mengatasi kepercayaan diri rendah melalui konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas X di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan one-group pretest dan posttest,analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank dengan Statistik non parametrik karena data yang diperoleh kurang dari 25 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas X yang masih memiliki kepercayaan diri rendah. Sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas adalah 54,1, setelah diberikan layanan konseling kelompok melalui pendekatan realitas terjadi peningkatan skor menjadi 120,3. Dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank di peroleh nilai Z-hitung untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah -2.803 ≥ 49,78 Z-tabel dengan probabilitas (sig)0.000 ≥ 0,05 Karena probabilitas (sig)0.000 ≤ 0,05 maka Ho Ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan realitas dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas X di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Saran untuk guru bimbingan konseling hendaknya dapat lebih kreatif dalam memberikan layanan konseling kelompok dan dapat pula menggunakan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realiatas dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2018 07:28
Last Modified: 15 May 2018 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item