Mutiara, Eka Betty (2018) PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DIMENSI PROSES PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (35MB) | Preview |
Abstract
Di sekolah MA Al-Hikmah Bandar Lampung, bahan ajar yang digunakan kurang mendorong peserta didik untuk belajar mandiri dalam menemukan suatu konsep melalui proses penyelidikan. Hal ini diduga karena perangkat pembelajaran seperti LKS dan media yang digunakan belum membantu peserta didik untuk belajar mandiri dalam menemukan suatu konsep melalui proses penyelidikan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengembangan LKS berbasis Guided Inquiry Laboratory untuk meningkatkan literasi sains dimensi proses pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan berupa lembar penilaian validasi dan angket respon guru dan siswa. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari validator serta guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 91.76%, ahli pembelajaran diperoleh hasil 90.4%, ahli soal diperoleh hasil 84%, ahli media diperoleh hasil 91% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan ke respon guru biologi dan peserta didik. Temuan penelitian yang diperoleh dari respon guru biologi dengan persentase 100%, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKS yang dikembangkan dilakukan uji coba skala luas ke peserta didik, dengan hasil respon peserta didik menunjukan persentase 86% dinyatakan dalam kriteria sangat layak, dengan demikian LKS yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 14 May 2018 07:36 |
Last Modified: | 14 May 2018 07:36 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |