PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Amelia, Bunga (2018) PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Masalah yang terjadi di SMA Gajah Mada Bandar Lampung adalah rendahnya Keterampilan Proses Sains salah satunya disebabkan karena, peserta didik masih jarang berpartisipasi langsung diberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sehingga, kemampuan tergantungan siswa terhadap temannya, siswa cenderung pasif dan kurang antusias ketika mengikuti proses pembelajaran penggunaan Metode Student Created Case Studies.tujuan penelitian ini untuk mengetahui pe ngaruh Metode Student Created Case Studies Terhadap Keterampilan Proses Sains Di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Jenis peneitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan Metode Quasy exprimental Design. Design yang digunakan adalah posstest only Control group Design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data berupa tes, nontes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model Direct Inderaction diperoleh nilai rata-rata 73% sedangkan kelas kontrol 66%. Data berdistrbusi normal dengan melihat Lhitung < Ltabel dimana kelas Kontrol 0,1193<0,1478 data Kelas Eksperimen 0,0712 <0,1478. Data menunjukkan varians yang homogen dimana Fhitung < Ftabel yakni 1,1014 <1,7720. Uji t pada pencapaian Konsep diperoleh Thitung=7,0706 dan Ttabel 1,9996 sehingga Ttitung >_ tabel dengan berdasarkan nilai taraf signifikan 5%(0,05) berdasarkan kriteria hasil uji-t dari hasil yang diperoleh Menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima artinya, Sehingga terdapat Pengaruh penggunaan Metode penggunaan Metode Student Created Case Studies Terhadap Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi. Kata Kunci: Metode Student Created Case Studies,Keterampilan, Terhadap, Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2018 02:19
Last Modified: 14 May 2018 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item