PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Khoiroh, Ari Amimah (2018) PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI AMI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran PAI di SMA N 14 Bandar Lampung pendekatan yang masih sering di gunakan guru adalah pendekatan konvensional, yang kegiatan proses belajar mengajarnya didominasi oleh guru. Guru hanya memberikan catatan kemudian menjelaskan dan memberikan tugas sehingga peserta didik merasa mengantuk, jenuh dan bosan. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA N 14 Bandar Lampung masih rendah. Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata ulangan harian peserta didik yang tuntas belajar, yaitu yang mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 75 hanya 10 peserta didik dari 30 peserta didik dengan presentase 33% peserta didik yang mendapat nilai tuntas. Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah, dengan menggunakan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar PAI. sehingga hasil belajar PAI pada peserta didik kelas XI di SMA N 14 Bandar Lampung dapat meningkat. Dilatar belakangi oleh masalah tersebut, dapat dirumusankan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran Practice rehearsal pairs (Praktik berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas XI IPA3 di SMA Negeri 14 Bandar Lampung”. Adapun hipotesis dalam penelitian ini “Melalui strategi Practice Rehearsal Pairs hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI di Kelas XI IPA3 SMA Negeri 14 Bandar Lampung dapat meningkat”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digambarkan dalam bentuk tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes pada setiap siklusnya. Dari hasil analisa yang diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran dalam penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar PAI pada peserta didik kelas XI IPA3 di SMA N 14 Bandar Lampung mengalami peningkatan, dapat dilihat dari jalannya proses pembelajaran yang meningkat, dimana peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI ini juga mengalami peningkatan dari sebelum model pemebelajaran Practice Rehearsal Pairs di lakukan. Hanya 10 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 6,8 dan pada siklus I menjadi 20 peserta didik yaitu degan niali rata-rata 72,8, dan siklus II meningkat hingga 26 peserta didik yang tuntas dengan niali rata-rata 78,1. Berdasarkan hasil analisa terlihat bahwa hasil belajar PAI mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. enelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA N 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 May 2018 06:41
Last Modified: 08 May 2018 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item