PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU CERITA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV MI NURUL HUDA SADAR SRIWIJAYA KEC. BANDAR SRIBHAWONO KAB. LAMPUNG TIMUR

Maulida, Afif (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU CERITA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV MI NURUL HUDA SADAR SRIWIJAYA KEC. BANDAR SRIBHAWONO KAB. LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat atau motivasi peserta didik dalam proses belajar pada mata pelajaran fiqh. Hal ini disebabkan karena pendidik kurang mengusai media pembelajaran dan metode yang digunakan yaitu ceramah dan hafalan sehingga peserta didik kurang memiliki minat atau motivasi belajar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaiamanakah pengembangan media pembelajaran berbasis buku cerita dan bagaimanakah respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis buku cerita. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengembangan media pembelajaran berbasis buku cerita dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis buku cerita. Untuk megetahui kelayakan media pembelajaran berbasis buku cerita berdasarkan 3 ahli materi, 3 ahli media, respon guru fiqh, dan respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis buku cerita yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan teori Borg and Gall dengan 7 langkah meliputi tahap potensi/masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, penggunaan lembar validasi, angekt respon guru serta peserta didik dan dokumentasi. Hasil validasi dilakukan oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Hasil penilaian berdasarkan penilaian kelayakan ahli materi media pembelajaran berbasis buku cerita memperoleh presentase sebesar 85% dikategorikan“Sangat Layak” sedangkan ahli media memperoleh presentase sebesar 80% dikategorikan “Layak”. Setelah divalidasi oleh ahli, maka tahap selanjutnya yaitu uji coba produk. Hasil respon penilaian guru mendapatkan presentase 86% dikategorikan “Sangat Menarik” dan sedangkan peserta didik mendapatkan presentase 89% dikategorikan “Sangat Menarik”. Dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangakan media pembelajaran berbasis buku cerita pada mata pelajaran fiqh kelas IV MI Nurul Huda Kec. Bandar Sribhawono Kab. Lampung Timur layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IV MI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2018 03:21
Last Modified: 08 May 2018 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3556

Actions (login required)

View Item View Item