MUATAN SAINS DALAM BUKU PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH

Febriyanti, Ratna (2018) MUATAN SAINS DALAM BUKU PELAJARAN AL QURAN HADITS KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full AS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku merupakan salah satu sangat yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk membantunya dalam proses kegiatan belajar baik yang berlangsung di sekolahan ataupun sebagai sarana penunjang belajar di rumah. Buku merupakan salah satu faktor kebutuhan mandaaar bagi peserta didik . Melalui kegiatan membaca buku menjadi tahu tentang berbagai hal yang sebelumnya mereka belumketahui. Mengingat begitu pentingya pendidikan sains, karena sains atau ilmu pengetahuan akan melahirkan perilaku peserta didik akan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Al Quran Hadits bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, melainkan mengarah pada anak didik untuk menjadi manusia yang benar-benar mempunyai kulaitas keagamaan yang kuat. Materi yang ada bukan hanya menjadi pengetahuan melainkan membentuk sikap dan kepribadian anak didik sehingga menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa dalam arti yang sesungguhnya. Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa tentunya tidak terlepas dari peran lembaga pendidikan yang banyak atau sedikitnya sangat mempengaruhinya. Tetapi dalam realitasnya sistem pendidikan Indonesia belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, sehingga menuntut dari setiap mata pelajaran untuk mengintegrasikan sains terlebih pada mata pelajaran Al Quran Hadits. Integrasi dengan sains bertujuan agar pendidikan dapat membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana muatan sains dalam buku pelajaran Al Quran Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah, sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang materi pada buku pelajaran Al Quran yang berkaitan dengan Sains. Untuk mencapai tujuan tersebut penedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian diambil dari buku pelajaran Al Quran Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah. Dalam penelitian ini, peneliti juga merupakan instrumen dengan menggunakan teknik non tes dan metode dokumnetasi. Selain itu teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pertama, kajian terhadap buku pelajaran Al Quran Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah yang dijadikan objek penelitian, di dalam pendekatan sains, penulis mendapati bahwa teori-teori sains sekedar mengungkapkan isi kandungan Surah Al Quran yang terdapat dalam materi buku pelajaran Al Quran Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 07 May 2018 03:26
Last Modified: 07 May 2018 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item