EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMP AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Ichsan, Moch. (2018) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMP AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full ICHSAN.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Evaluasi Pendidikan merupakan salah satu bentuk mekanisme sistem pendidikan yang bertujuan untuk meninjau ulang proses pendidikan yang telah dilaksanakan dalam beberapa kurun waktu tertentu. Tinjauan ulang tersebut dimaksudkan untuk memahami, menggali, serta mengkoreksi proses pendidikan tersebut sehingga akan diketahui celah-celah kekurangan yang harus diperbaiki dan ditutupi. Maka dari itu, evaluasi pendidikan sangat dibutuhkan dalam upaya mewujudkan suatu sistem pendidikan yang baik. Salah satuhal yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pembelajaran adalah proses pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh perencanaan pembelajaran yang baik pula. Pembelajaran berintikan antara Guru dengan Siswa dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan dua hal yang berbeda, tetapi membentuk satukesatuan yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien, maka diperlukan perencanaan yang tersusun secara sistematis sehingga proses belajar mengajar lebih bermakna dan dapat mengaktifkan Siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran PAI Kelas VIII dengan Model CIPP di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang menggunakan Model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk. Sumber data Penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI kelas VIII dan Siswa kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, kemudian dilakukan verifikasi dan konfirmasi melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Dari Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran PAI Kelas VIII dengan Model CIPP di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung dinyatakan baik dan efektif,jadi dapat dilanjutkan karena pelaksanaan program menunjukan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat. Dengan beberapa catatan yaitu suasana kegiatan belajar mengajar dan evaluasi yang berbeda, serta Guru kurang kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 07 May 2018 02:07
Last Modified: 07 May 2018 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item