PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK KELAS VII SMP

Utami, Taza Nur (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full A.pdf]
Preview
PDF
Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang masih dialami peserta didik dalam memahami materi pada buku paket. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan merancang modul matematika dengan pendekatan STEM yang dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan guru terhadap modul matematika dengan pendekatan STEM. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada para ahli untuk mengetahui kelayakan produk dan angket yang diberikan kepada peserta didik dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari para ahli sangat layak (89% ahli materi, 85% ahli media dan 92% ahli bahasa), respon peserta didik dan guru sangat menarik (88% uji coba kelompok kecil, 89% uji coba lapangan dan 92% uji coba guru). Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Modul; STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathtematics); Segiempat; Segitiga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2018 07:19
Last Modified: 03 May 2018 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item