KEBIJAKAN PENDIDIKAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID SKRIPSI

Maulana, Alif (2018) KEBIJAKAN PENDIDIKAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KEBIJAKAN PENDIDIKAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Harun Ar-Rasyid merupakan sosok pemimpin yang berhasil membawa Islam ke masa jayanya, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Kebijakan-kebijakan beliau tentu dapat dijadikan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam dunia pendidikan saat ini. Sesuai dengan latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana kebijakan Khalifah Harun Ar-Rasyid dalam bidang pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan di Indonesia saat ini. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan Khalifah Harun Ar-Rasyid dalam bidang pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan di Indonesia saat ini. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat secara teoretis yakni dapat menambah wawasan dalam sejarah Dinasti Abbasiyah khususnya pada periode Khalifah Harun Ar-Rasyid, serta manfaat secara praktis yaitu dapat dijadikan bahan kajian untuk memperkaya khazanah sejarah Islam pada masa kejayaan Islam dan sebagai referensi untuk menentukan kebijakan dalam bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka). Sumber data primernya adalah buku Tarikh Khulafa, Bangkit dan Runtuhnya Daulah Abbasiyah, History of the Arabs, dan The Great Bait Al-Hikmah, Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku lain yang relevan dengan obyek pembahasan kajian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat delapan kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid pada masa keemasan Islam, antara lain: memuliakan guru dan ulama, mendirikan perpustakaan, menerjemahkan buku-buku pengetahuan ke dalam bahasa Arab, memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan, melibatkan peran orangtua dalam pendidikan, kurikulum berpusat pada Qur‟an, serta mengutamakan ta‟dib dalam pendidikan. Kedelapan kebijakan tersebut tentu dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:47
Last Modified: 23 Apr 2018 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item