PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN NURCHOLISH MADJID)

Syahputra, Muhammad Candra (2018) PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN NURCHOLISH MADJID). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi pdf.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, etnis, agama, bahasa. Keberagaman tersebut menjadi suatu keunikan tersendiri yang mencirikanbangsa Indonesia, keberagamanadalahsunnatullah, akan tetapi disatu sisi keberagaman tersebut sering menimbulkan konflik antar kelompok yang memiliki perbedaan satu sama lain. Dengan iniperlunyapemahamantoleransi yang kemudiandapat di implementasikan dalam kehidupan di tengah-tengahmasyarakat yang majemuk. Multikulturalismeadalahsuatupaham yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar kelompok yang berbeda pandangan atas suku, agama, budaya, ras, etnisdan gender, pahaminimenawarkankesederajatanantarkelompok, dan lebih mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, yakni persamaan hak hidup.Untuk memberikan pemahaman multikultur salah satunya yaitu melalui pendidikan. Banyaknya konflik yang terjadi dikarenakan perbedaan seringkali terjadi hingga munculnya wacana multikultural. Pemahaman multicultural sebenarnya sudah menjadi perhatian para ulama ataupun Cendikiawan Muslim. Perhatian cendikiawan muslim seperti Abdurrahman Wahid dan NurcholishMadjid yang keduanya adalah cendikiawan muslim Indonesia. Perhatian kedua tokoh terhadap multicultural dapat dilihat dari tulisan-tulisannya yang banyakdimuatdanditerbitkan di berbagai media cetak sehingga keduanya dijuluki sebagai bapak Pluralisme-Multikultural, Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah Bagaimana KonsepPendidikan Islam multi cultural dalam pandangan Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid serta persamaan dan perbedaan pemikiran kedua tokoh tersebut. Selanjutnya, penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian library research.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah content analysis, yaitu mengeksplorasi KonsepPendidikan Islam Multikultural dalam pandangan Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid yang disajikan secara deskriptif analitik komparatif.Setelah dilakukan kajian yang mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa Persamaan dan PerbedaanAbdurrahman Wahid danNurcholishMadjid tentang KonsepPendidikan Islam Multikulturalterletak pada Pengertian, Tujuan, Pendidik, Karakteristik, danKurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Apr 2018 06:43
Last Modified: 18 Apr 2018 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3492

Actions (login required)

View Item View Item