PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 AIR HITAM LAMPUNG BARAT

Afriawan, Panani (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 AIR HITAM LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AFRIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini Mendeskripsikan tentang upaya Guru Bimbingan Konseling dalam menangani Perilaku Menurunya Motivasi Pada Peserta didik di SMP Negeri 1 Air Hitam dengan teknik Behavioral Contract dalam meningkatkan motivasi peserta di SMP Negeri 1 Air Hitam Lampung Barat, urgensi dari layanan konseling ini sangat dibutuhkan oleh peserta didik melihat kurangnya minat peserta didik dalam kedisiplinan belajar sehingga peneliti melakukan sesi konseling individu dengan peserta didik, untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan konseling dengan teknik Behavioral contract, untuk mengetahui apa kendala yang dialami selama melakukan konseling dengan teknik Behavioral contract dan untuk mengetahui apakah teknik Behavioral Contract dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian 3 orang peserta didik yang memiliki masalah kurang kedisipilinan dalam belajar, peserta didik lebih banyak bercerita mengenai alasan mengapa ia jarang mengikuti aturan yang ada disekolah. Berikut Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konseling individu dengan teknik Behavioral contract di SMP Negeri 1 Air Hitam Lampung Barat mengalami Penurunan Kedisiplinan, Hal ini dapat dilihat dari absensi, Buku Kasus dan hasil pemantauan dari Wali Kelas dan Guru BK. Baik melalui pengamatan tingkah laku maupun Melalui Absensi, nilai tugas, dan nilai raport dan yang terakhir guru BK melakukan adanya layanan Bimbingan Konseling Individu dengan tekhnik Behavioral contract, melalui layanan tersebut Guru BK mampu mengatasi perilaku Menurunya kedisiplinan pada peserta didik Kata Kunci:Konseling Individu, Teknik Behavior Contract, Rendahnya Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:51
Last Modified: 15 Aug 2024 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34732

Actions (login required)

View Item View Item