PENGARUH TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PERILAKU SELF HARM PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 BATU KETULIS LAMPUNG BARAT

Dian, Aji Prayoga (2024) PENGARUH TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PERILAKU SELF HARM PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 BATU KETULIS LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of fiks dian aji bab 1,2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of fiks dian aji full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Self-harm adalah perilaku yang terjadi ketika seseorang dengan sengaja melukai dirinya sendiri sebagai cara untuk mengekspresikan emosi yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, Masalah perilaku self-harm ini juga dialami oleh salah satu peserta didik di SMP N 1 Batu Ketulis Lampung Barat. Perilaku self-harm tidak hanya berdampak negatif secara fisik tetapi juga psikologis bagi individu yang terlibat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi masalah ini dengan serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam mengurangi perilaku self-harm pada peserta didik SMPN 1 Batu Ketulis Lampung Barat. Pendekatan konseling dengan menggunakan REBT memfokuskan pada identifikasi pikiran irasional yang mendasari perilaku self-harm, dan membantu individu mengubahnya menjadi pikiran yang lebih rasional dan sehat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini A-B-A dalam bentuk penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan pengamatan perilaku self-harm sebelum, selama, dan setelah intervensi dilakukan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan tes yaitu menggunakan instrumen Self-Harm Inventory dan dengan non tes yaitu melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dari hasil penelitian kemudian dianalisis. Analisis data yang digunakan berupa analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Partisipan dalam penelitian ini adalah salah satu peserta didik kelas IX SMPN1 Batu Ketulis Lampung Barat. Objek atau fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah perilaku self-harm yang dialami oleh peserta didik. Hasil dari penelitian memperlihatkan adanya pengaruh positif penggunaan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap pengurangan perilaku self-harm pada peserta didik yang diukur melalui pengisian instrumen Self-Harm Inventory oleh peserta didik. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan skor perolehan pengisian instrumen dari rata-rata 30,90% pada fase baseline (A1), menjadi 4,54% pada fase intervensi dan baseline (A2). Hasil tersebut menjelaskan bahwa teknik REBT berpengaruh dalam mengatasi perilaku self-harm. Saran untuk peneliti selanjutnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan menambah jumlah responden untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang perilaku self-harm pada remaja. Selain itu, penting juga untuk mengevaluasi lebih lanjut keefektifan program-program intervensi yang sudah ada agar strategi intervensi dapat dioptimalkan lebih lanjut. Kata kunci : perilaku self-harm, Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) iii ABSTRACT Self-harm is a behavior that occurs when a person deliberately hurts themselves as a way to express emotions that are difficult to put into words. The problem of self-harm behavior is also experienced by one of the students at SMP N 1 Batu Ketulis West Lampung. Self-harm behavior not only has a negative impact physically but also psychologically for the individuals involved. Therefore, it is very important to address this problem seriously. This study aims to determine the effect of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) techniques in reducing self-harm behavior in students of SMPN 1 Batu Ketulis West Lampung. The counseling approach using REBT focuses on identifying irrational thoughts that underlie self-harm behavior, and helping individuals change them into more rational and healthy thoughts. This research method uses quantitative methods, with the type of research Quasi experiment or pseudo experiment. The research design used in this study is A-B-A in the form of single subject research by observing self-harm behavior before, during, and after the intervention. The method used in data collection is by test, namely using the Self-Harm Inventory instrument and by non-test, namely through observation and interviews. The data collected from the research results were then analyzed. Data analysis used in the form of analysis within conditions and analysis between conditions. The participant in this study was one of the 9th grade students of SMPN1 Batu Ketulis West Lampung. The object or focus studied in this study is self-harm behavior experienced by students. The results of the study showed a positive effect of using Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) techniques on reducing self-harm behavior in students as measured by filling out the Self-Harm Inventory instrument by students. This study shows a decrease in the acquisition score of filling out the instrument from an average of 30.90% in the baseline phase (A1), to 4.54% in the intervention phase and baseline (A2). These results explain that REBT techniques have an effect in overcoming self-harm behavior. Suggestions for future researchers use a qualitative approach with in-depth interviews and increase the number of respondents to conduct more in-depth research on adolescent self�harm behavior. In addition, it is also important to further evaluate the effectiveness of existing intervention programs so that intervention strategies can be further optimized. Keywords: self-harm behavior, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Technique

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:10
Last Modified: 14 Aug 2024 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item View Item