PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PERAN KONSELOR DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK MEMPERSIAPKAN PILIHAN KARIR DI SMA NEGERI 1 LIWA LAMPUNG BARAT

YUHENDRA, Hoirul Basri (2024) PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PERAN KONSELOR DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK MEMPERSIAPKAN PILIHAN KARIR DI SMA NEGERI 1 LIWA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of YUHENDRA 1,3,5.pdf] PDF
Download (917kB)
[thumbnail of SKRIPSI_YUHENDRA_FULL_cetak[1].pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya orang tua yang mempersepsikan guru BK di sekolah hanyalah sebatas polisi sekolah yang hanya merazia peserta didik yang nakal dan tidak menaati peraturan sekolah. Padahal guru BK/Konselor memiliki peran yang begitu banyak seperti membantu peserta didik dalam menentukan pilihan pendidikan, mengatasi masalah pribadi peserta didik, membantu peserta didik dalam menghadapi tekanan sekolah, membantu dalam memilih karir dan membantu dalam pengambilan keputusan. Karir tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan saja, tetapi juga berkaitan dengan rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh seseorang selama hidupnya, termasuk pekerjaan, jabatan, dan pendidikan. Dimanapun peserta didik mengenyam pendidikan di lembaga formal, informal, maupun non formal, orang tua tetap berperan dalam menentukan masa depan anak-anaknya. Orang tua memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pemilihan karir. Keputusan ekplorasi karir seorang anak sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor keluarga yaitu orang tua, karena hubungan anak dengan keluarga merupakan lingkungan pertama yang berpengaruh signifikan terhadap segala aspek perkembangan anak. Karir dapat dianggap sebagai proyek jangka panjang untuk semua orang. Karir juga diartikan sebagai proses pengelolaan diri terhadap kemampuan dan pengetahuan, di mana banyak faktor intrinsic seperti bakat dan minat, serta faktor ekstrinsik seperti keluarga dan lingkungan yang terlibat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan proses analisis data melalui tahapan; reduksi data, penyajian atau display data dan pemberian kesimpulan. Proses analisis data menggunakan program Nvivo 12 Pro, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sumber data Bapak Thieo Arietama, S. Pd guru BK SMAN 1 Liwa, dan 4 orang tua yaitu: Ibu ZY, Ibu EP, Ibu SM, dan Ibu LM. iv Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran konselor dalam membantu peserta didik dalam mempersiapkan pilihan karir diantaranya mendata peserta didik tersebut terlebih dahulu ke kelas yang akan konselor bimbing, yang kedua adalah mengevaluasi pilihan karir tersebut dan yang ketiga adalah mengevaluasi nilai raport mereka dari kelas 10-12 , selanjutnya konselor mencatat dan merekap data�data peserta didik yang ingin melanjutan ke perguruan tinggi yang diminati. Konselor juga mengadakan evaluasi bimbingan karir secara rutin setiap minggu, dua minggu ataupun sebulan sekali. Konselor mengevaluasi keyakinan peserta didik terhadap pilihan karir, konselor memotivasi peserta didik supaya peserta didik tidak bimbang memilih jurusan yang mereka inginkan. Hasil penelitian ini menunjukkan fakta bahwa persepssi orang tua tentang peran konselor tidaklah benar. Sebagian besar orang tua belum memahami peran konselor dalam membantu peserta didik di sekolah mempersiapkan pilihan karir. Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Peran Guru BK, Pilihan Karir v ABSTRACT This research was motivated by the large number of parents who perceive that guidance and counseling teachers at school are limited to school police who only raid students who are naughty and do not obey school rules. In fact, guidance and counseling teachers/counselors have many roles, such as helping students in making educational choices, dealing with students' personal problems, helping students deal with school pressures, helping in choosing a career and assisting in decision making. Career is not only related to work, but is also related to a series of activities carried out by a person during his life, including work, position and education. Wherever students receive education in formal, informal or non-formal institutions, parents still play a role in determining their children's future. Parents have a huge influence on career choice. A child's career exploration decisions are more or less influenced by family factors, namely parents, because the child's relationship with the family is the first environment that has a significant influence on all aspects of the child's development. Career can be considered as a long-term project for everyone. Career is also defined as a process of self-management of abilities and knowledge, where many intrinsic factors such as talents and interests, as well as extrinsic factors such as family and environment are involved. The method used in this research is qualitative field research with a descriptive approach. In this research, data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. In this research, researchers carried out the data analysis process through stages; data reduction, presentation or display of data and providing conclusions. The data analysis process uses the Nvivo 12 Pro program, while the data validity technique uses data triangulation. Data source Mr. Thieo Arietama, S. Pd, guidance and counseling teacher at SMAN 1 Liwa, and 4 parents, namely: Mrs. ZY, Mrs. EP, Mrs. SM, and Mrs. LM. The results of the research show that the counselor's role in helping students prepare career choices includes first registering the students in the class that the counselor will guide, the second is vi evaluating the career choice and the third is evaluating their report card grades from grades 10-12, then counselors record and summarize data on students who wish to continue to the tertiary institution of their interest. Counselors also conduct career guidance evaluations regularly every week, two weeks or once a month. Counselors evaluate students' confidence in career choices, counselors motivate students so that students do not hesitate to choose the major they want. The results of this research indicate the fact that parents' perceptions about the role of counselors are not correct. Most parents do not understand the role of counselors in helping students at school prepare for career choices. Keywords: Parental Perception, Role of Guidance Teachers, Career Choices

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:05
Last Modified: 14 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item