MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALTAS DESTINASI JAMAAH UMROH PT AL SHAFWAH WISATA MANDIRI BANDAR LAMPUNG

NURUL, HIDAYAH (2024) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALTAS DESTINASI JAMAAH UMROH PT AL SHAFWAH WISATA MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of cover bab 1&5+dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini dunia bisnis travel umrah sangat banyak diminati oleh para konsmen karena umat islam memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah umrah. Besarnya umat islam di Indonesia berdampak kepada peminat ibadah haji dan umrah yang sangat tinggi. Pada zaman modern ini, manajemen menjadi salah satu bagian yang begitu penting dalam kegiatan kehidupan sehari-hari. Perlu adanya penerapan manajemen dalam sebuah kegiatan organisasi ataupun bisnis sehingga lebih mudah dalam mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis data yang dilakukan secara sistematis. Sumber data dalam penelitian ini adalah diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengurus PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung. Manajemen pelayanan yang dilakukan oleh PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung tidak lepas dari fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controling). Pelayanan yang diberikan Oleh PT. Shafwa Wisata Mandiri Bandar Lampung yaitu, memiliki karyawan yang professional, Tersedianya sarana dan prasaranan yang baik, bertanggung jawab kepada setiap jamaah dari awal hingga selesai, Mampu melayani secara tepat mampu memberikan kepercayaan kepada jamaah sehingga jamaah merasa puas dengan pelayanan yang mereka dapatkan. Kualitas pelayanan yang baik menunjukkan bahwa biro perjalanan dapat memenuhi keinginan dan kepuasan konsumen sehingga berdampak pada reputasi perusahaan. Faktor pendukung dalam pelayanan di PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung dipengaruhi oleh tiga hal yaitu, faktor manajemen yan baik di PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung, faktor reward atau hadiah, dan faktor komunikasi yang baik. Faktor penghambat ada dua hal yaitu, faktor kurangnya jumlah dan sumber daya manusia staf dan pegawai dan kurs dolar terhadap rupiah tidak stabil KATA KUNCI : Manajemen Pelayanan, Fungsi Manajemen, Faktor Pendukung Dan Penghambat. ABSTRCT Currently, the world of Umrah travel business is very much in demand by consumers because Muslims have an obligation to perform the Umrah pilgrimage. The large number of Muslims in Indonesia has an impact on the very high number of people interested in the Hajj and Umrah pilgrimages. In this modern era, management has become a very important part of daily life activities. It is necessary to implement management in an organizational or business activity so that it is easier to achieve goals. This study uses a qualitative method. In descriptive qualitative research, data analysis is carried out systematically. The data sources in this research were obtained from observations, interviews and documentation with the management of PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung. The service management carried out by PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung cannot be separated from management functions, namely planning, organizing, actuating and controlling. Services provided by PT. Shafwa Wisata Mandiri Bandar Lampung, namely, has professional employees, provides good facilities and infrastructure, is responsible for each congregation from start to finish, is able to serve appropriately and is able to give confidence to the congregation so that the congregation feels satisfied with the service they receive. Good service quality shows that the travel agency can fulfill consumer desires and satisfaction, thereby having an impact on the company's reputation. Supporting factors in service at PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung are influenced by three things, namely, good management factors at PT Al Shafwah Wisata Mandiri Bandar Lampung, reward factors, and good communication factors. There are two inhibiting factors, namely, the lack of number and human resources of staff and employees and the unstable exchange rate of the dollar against the rupiah KEYWORDS: Service Management, Management Functions, Supporting and Inhibiting Factors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:18
Last Modified: 13 Aug 2024 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item