IMPLEMENTASI PASAL 11 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 6 TAHUN 2022 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SERTA PENDIDIKAN KHUSUS DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYA<SAH TANFIZ|IYAH (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung)

ROSSA, TRI ARDHANA (2024) IMPLEMENTASI PASAL 11 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 6 TAHUN 2022 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SERTA PENDIDIKAN KHUSUS DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYA<SAH TANFIZ|IYAH (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ROSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penerima peserta didik baru merupakan gerbang awal yang harus dilalui siswa dan sekolah dalam penyaringan objek pendidikan. Menurut Permendikbud No.1 Tahun 2021, Penerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan peserta didik yang pertama kali dilakukan dalam sebuah lembaga pendidikan untuk menyeleksi peserta didik yang akan diterima disuatu sekolah. zonasi adalah pemerataan reformasi dalam membagian wilayah sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini ingin menjawab dua persoalan (1) Bagaimana Implementasi Peraturan Gubernur Lampung Nomor 6 tahun 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Pendidikan Khusus, (2) Bagaimana Perspektif Fiqh Siya>sah Tanfiz|iyah terhadap implementasi pasal 11 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Pendidikan Khusus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode yang menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach). Teknik pengambilan data menggunakan sumber data primer dan sekunder, yaitu data primer diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi sedangkan sekunder yaitu diperoleh dari beberapa buku, jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisa data yaitu deskriptif kualitatif yang menganalisa data melalui bentuk kalimat atau uraian-uraian tentang hasil penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Implementasi dari pasal 11 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Pendidikan Khusus. Kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Provinsi Lampung dinyatakan bahwa sudah terlaksana. SMAN 12 Bandar Lampung dalam penerimaan peserta didik baru tentang sistem zonasi sudah melaksanakan peraturan berdasarkan wewenang. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang diterima melalui jalur zonasi yaitu berjumlah 175 siswa dan sudah sesuai dengan jumlah daya tampung yaitu 50%. Sedangkan analisis Fiqh Siya>sah Tanfiz|iyah terhadap Implementasi dari pasal 11 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Pendidikan Khusus sudah sesuai dengan Fiqh Siya>sah Tanfiz|iyah kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Kata Kunci : Implementasi, Zonasi, Fiqh Siya>sah Tanfiz|iyah. ABSTRACT Accepting new students is the first gate that students and schools must go through in screening educational objects. According to Permendikbud No. 1 of 2021, Accepting new students is the first student activity carried out in an educational institution to select students who will be accepted at a school. Zoning is an equalization of reform in dividing the school area as a whole. This study aims to answer two questions (1) How is the Implementation of Lampung Governor Regulation Number 6 of 2022 concerning New Student Admissions (PPDB) in High Schools and Vocational High Schools and Special Education, (2) What is the Perspective of Fiqh Siyasah Tanfiziyah on the implementation of Article 11 of Lampung Governor Regulation Number 6 of 2022 concerning New Student Admissions (PPDB) in High Schools and Vocational High Schools and Special Education. The method used is a qualitative method, namely a method that produces descriptive data. The type of research used in this study is field research. Data collection techniques use primary and secondary data sources, namely primary data obtained from interviews and documentation while secondary data is obtained from several books, journals that are relevant to this study. This study uses data analysis, namely qualitative descriptive which analyzes data through sentences or descriptions of the results of this study. The conclusion of this study is that the Implementation of Article 11 of the Lampung Governor Regulation Number 6 of 2022 concerning the Admission of New Students to Senior High Schools and Vocational High Schools and Special Education. The zoning system policy for New Student Admissions (PPDB) at the Lampung Provincial Education and Culture Office is stated to have been implemented. SMAN 12 Bandar Lampung in accepting new students regarding the zoning system has implemented regulations based on authority. This can be seen from the students accepted through the zoning route, which is 175 students and is in accordance with the capacity of 50%. Meanwhile, the Fiqh Siyasah Tanfiziyah analysis of the implementation of article 11 of Lampung Governor's Regulation Number 6 of 2022 concerning Admission of New Students to High Schools and Vocational High Schools and Special Education is in accordance with the Fiqh Siyasah Tahfiziyah for prosperity and shared prosperity. Keywords: Implementation, Zoning, Fiqh Siyasah Tanfiziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:27
Last Modified: 13 Aug 2024 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item View Item