IMPLEMENTASI PASAL 3 PERMENHUB NOMOR PM 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANGALAT PENGENDALI DAN PENGAMAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi Di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

Heri, Irawan (2024) IMPLEMENTASI PASAL 3 PERMENHUB NOMOR PM 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANGALAT PENGENDALI DAN PENGAMAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYYAH (Studi Di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HERI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kendaraan yang semakin canggih serta pertumbuhan jumlah kendaraan di kota Bandar Lampung yang semakin pesat. Namun, hal ini tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat dalam berkendara, oleh karena itu kebutuhan akan pengendalian kecepatan menjadi semakin penting. Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas Menteri Perhubungan mengeluarkan Permenhub Nomor PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Permenhub Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan. Maka dari itu perlu adanya analisa lebih lanjut terkait hal tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik mengumpulkan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melakukan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus berdasarkan sumber data primer dan sekunder. Rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi pasal 3 Permenhub Nomor PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Permenhub Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, dan bagaimana prespektif siya>sa>h} ta>nfidziyya>h{ Terhadap Implementasi pasal 3 Permenhub Nomor PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan atasbPermenhub Nomor PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Implementasi Pasal 3 Permenhub No PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Permenhub No PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan, Saat ini pelaksanaannya sudah terlaksanakan akan tetapi belum terlaksana sebagai mestinya, Ditandai oleh kurangnya pengawasan dan pemeliharaan alat pembatas kecepatan, Ketidakjelasan koordinasi antara Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR, Minimnya prioritas anggaran untuk alat pembatas kecepatan, Kurangnya edukasi masyarakat tentang alat pembatas kecepatan dan peraturan, Serta kesenjangan antara kebutuhan masyarakat dan tindakan pemerintah. Kedua, Perspektif Siya>sa>h} ta>nfidziyya>h{ terhadap Implementasi Pasal 3 Permenhub No PM 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Permenhub No PM 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan. Berdasarkan kajian Siya>sa>h} ta>nfidziyya>h{ Dalam menetapkan maupun menjalankan suatu hukum DISHUB Kota Bandar Lampung sebagai seorang A<l�Sulth{a>h{ ta>nfidziyya>h{ melaksanakan tanggung jawab dalam menjalankan amanah yang sudah diembannya sesuai kebijakan yang sudah dibuat untuk melaksanakan undang-undang demi mewujudkan keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas, Namun DISHUB Kota Bandar Lampung belum sepenuhnya memenuhi kewajiban tersebut, Yang mencakup pelaksanaan hukum, Penggunaan orang�orang terpercaya dan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan tugas. Kata Kunci: Alat Pembatas Kecepatan, Siya>sa>h} Ta>nfidziyya>h.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:49
Last Modified: 12 Aug 2024 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34600

Actions (login required)

View Item View Item