AGUSTIANA, VENITRI (2018) LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD AL RIZKY BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (40MB) | Preview |
Abstract
Pada anak usia dini kemampuan bahasa yang paling umum dan efektif dilakukan adalah kemampuan berbicara, hal ini sesuai dengan karakteristik umum kemampuan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini, anak diarahkan agar mampu menggunakan dan mengekspresikan pemikirannya dengan menggunakan kata-kata yang tepat, maka sudah seharusnya perkembangan bahasa sudah diberikan sejak anak berusia dini. Hal ini agar kemampuan bahasa anak bisa dapat berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia dini melalui layanan bimbingan belajar dengan media audio visual di PAUD Al Rizky Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Desain Pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas matahari Di PAUD Al Rizky Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik yang diambil secara random. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat perkembangan bahasa anak usia dini setelah melaksanakan layanan bimbingan belajar dengan media audio visual. Hasil analisis statistik menunjukkan Zhit = -2.807 < Ztab = 0.005, p = 0.005; p ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar dengan media audio visual dapat mengembangkan bahasa anak usia dini di PAUD Al Rizky Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 03:24 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 03:24 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3459 |
Actions (login required)
View Item |