IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

Andre, Bagus Prayoga (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANDRE BAGUS PRAYOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki permasalahan kedisiplinan belajar, terdapat tiga peserta didik yang menjadi fokus peneliti untuk diberikan layanan konseling individu dengan teknik behavior contract dengan harapan dapat merubah perilaku yang kurang disiplin dalam belajar agar menjadi disiplin dalam belajar disekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan alat pengumpul data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik behavior contract dalam mengatasi kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan teknik behavior contract dalam mengatasi kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung, tiga peserta didik dengan inisial GYR, RSR, dan CNA dapat memunculkan perilaku disiplin belajar sesuai dengan yang disepakati dalam kontrak perilaku. Adapun tahapan implementasi layanan konseling individu dengan teknik behavior contract yang dilakukan peneliti dalam mengatasi kedisiplinan belajar peserta didik yaitu : mengidentifikasi perilaku yang akan dimodifikasi, mendiskusikan serta menjelaskan ide kontrak perilaku, mengembangkan ide kontrak perilaku kemudian menyerahkan ke pihak-pihak yang terkait, gambaran prosedur tindak lanjut yang akan dilakukan, pelaksanaan program layanan, mencatat kemajuan dan mengevaluasi hasil. Kata kunci : Konseling individu, Behavior contract, Kedisiplinan belajar iii ABSTRACT This research is motivated by the existence of students who have learning discipline problems, there are three students who are the focus of researchers to be given individual counseling services with behavior contract techniques in the hope of changing undisciplined behavior in learning to become disciplined in learning at school. This research uses a qualitative approach with a case study design and data collection tools are interviews, observation, and documentation. The purpose of this study was to determine the stages of implementing individual counseling services with behavior contract techniques in overcoming student learning discipline at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Based on the results of the study, it can be concluded that individual counseling services using behavior contract techniques in overcoming student learning discipline at SMP Negeri 19 Bandar Lampung, three students with the initials GYR, RSR, and CNA can bring up learning discipline behavior in accordance with what is agreed upon in the behavior contract. The stages of implementing individual counseling services with behavior contract techniques carried out by researchers in overcoming student learning discipline are: identifying behaviors to be modified, discussing and explaining behavior contract ideas, developing behavior contract ideas and then submitting them to related parties, describing follow-up procedures to be carried out, implementing service programs, recording progress and evaluating results. Keywords: Individual counseling, Behavior contract, Learning discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:57
Last Modified: 09 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34579

Actions (login required)

View Item View Item