PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK THOYYIBAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

NOVITA, SRI HARDIYANI (2024) PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK THOYYIBAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai-nilai agama merupakan prinsip-prinsip moral dan etika yang berasal dari ajaran agama bersifat universal, artinya berlaku untuk semua orang, terlepas dari ras, suku, bangsa, dan budaya. Pentingnya pengenalan nilai-nilai agama disekolah untuk anak usia dini adalah agar terciptanya pembentukan pendidikan karakter dan akhlak mulia pada peserta didik. Pendidikan karakter adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam memfasilitasi dan membantu peserta didik untuk mengetahui hal-hal yang baik dan luhur, memiliki kopetensi intelektual, berpenampilan menarik, dan memiliki kemampuan yang keras untuk memperjuangkan kebaikan dan keluhuran serta dapat mengambil keputusan secara bijak. Sehingga setiap tingkah laku yang anak kerjakan akan mempertimbangkan baik dan buruknya. Anak usia dini dalam perkembangan yang paling cepat dalam berbagai aspek termasuk aspek agama, moral, sosial, intelektual, dan emosi. Perlakuan pendidikan yang diberikan pada anak usia dini diyakini akan terpati kuat di dalam hati dan pikiran anak yang jernih. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait penerapan nilai-nilai agama dalam pembentukan pendidikan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Thoyyibah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, satu orang guru TK Thoyyibah Sukarame Bandar Lampung dan tiga orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data pengguna menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penerapan nilai-nilai agama di TK Thoyyibah Sukarame Bandar Lampung diterapkan melalui keteladanan kebiasaan, nasihat, perhatian, dan pengawasan dari pihak sekolah maupun dari orang tua. Kegiatan pembiasaan atau nilai-nilai agama yang diterapkan melalui program sekolah dalam pembentukan pendidikan karakter siswa antara lain: disiplin, iv pembiasaan berdoa sebelum melakukan kegiatan, berkata jujur, bertanggung jawab dan peduli sosial. Bentuk penerapan nilai-nilai agama ini terintegrasi dalam kelas, yakni dengan menambahkan nilai�nilai karakter dalam mata pelajaran, dan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penerapan nilai-nilai agama tersebut telah berhasil membentuk karakter pada anak usia dini, sehingga mereka mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan, disiplin, jujur, tanggung jawab, dan peduli sosial. Kata Kunci: Nilai-nilai Agama, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini. v ABSTRACT Religious values are moral and ethical principles originating from religious teachings that are universal, meaning they apply to everyone, regardless of race, ethnicity, nation and culture. The importance of introducing religious values in schools for early childhood is to create character education and noble morals in students. Character education is an activity carried out consciously and planned to facilitate and help students to know good and noble things, have intellectual competence, have an attractive appearance, and have the strong ability to fight for goodness and nobility and be able to make decisions sisely. So that every behaviour that children do will take into account the good and bad. Early childhood develops the fastest in various aspects including religious, moral, social, intellectual and emotional aspects. It is believed that educational treatment given to early childhood will be firmly established in the child’s heart and clear mind. Based on this, this research aims to analyse the application of religious values in the formation of character education for children aged 5-6 years at the Thoyyibah Sukarame Kindergarten, Bandar Lampung. The research carried out was qualitative with a descriptive type of research, the subjects in this research were the school principal, one Thoyyibah Sukarame Kindergarten teacher in Bandar Lampung and three students’ parents. The data collection techniques used in this research were observation, interviews and documentation. In analysing data, users use data reduction, data presentation and drawing conclusions. Data validity using source triangulation. The results of this research explain that the application of religious values at the Thoyyibah Sukarame Kindergarten in Bandar Lampung is implemented through exemplary habits, advice, attention and supervision from the school and parents. Habitual activities or religious values implemented through school programs in developing student character education include: discipline, the habit of praying before carrying out activities, telling the truth, being responsible and cering socially. This form of implementing religious values is integrated in the classroom, namely by adding character values to subjects and in the implementation of learning activities. The vi application of these religious values has succeeded in forming character in young children, so that they are to apply religious values, discipline, honesty, responsibility and social care. Keywords: Religious Values, Character Education, Early Childhood.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:10
Last Modified: 07 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34450

Actions (login required)

View Item View Item