HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KONFORMITAS POSITIF PESERTA DIDIK MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Nadia, Putri Yani (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KONFORMITAS POSITIF PESERTA DIDIK MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan komunikasi interpersonal merupakan aspek krusial bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sosial. Diasumsikan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal berkaitan erat dengan tingkat konformitas positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dan konformitas positif pada peserta didik di MTS Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari 409 peserta didik kelas VII MTS Negeri 1 Bandar Lampung, dengan sampel sebanyak 41 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala keterampilan komunikasi interpersonal dan skala konformitas positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik berada dalam kategori tinggi, sedangkan rata-rata konformitas positif berada dalam kategori sedang hingga tinggi. Analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar R = 0,574 dengan tingkat signifikansi p < 0,00. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal dan konformitas positif. Dengan kata lain, semakin tinggi keterampilan komunikasi interpersonal seorang peserta didik, semakin tinggi pula tingkat konformitas positif yang dimilikinya, dan sebaliknya. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Konformitas Positif iii ABSTRACT Interpersonal communication skills are a crucial aspect for students to navigate social life. It is assumed that interpersonal communication skills are closely related to positive conformity levels. This study aimed to explore the relationship between interpersonal communication skills and positive conformity among students at MTS Negeri 1 Bandar Lampung. This study employed a quantitative method with a correlational design. Data collection techniques distribution of questionnaires. The study population consisted of 409 seventh�grade students at MTS Negeri 1 Bandar Lampung, with a sample size of 41 students selected using probability sampling with a simple random sampling method. The instruments used in this study were the interpersonal communication skills scale and the positive conformity scale. The research findings showed that the average interpersonal communication skills of students fell into the high category, while the average positive conformity level fell into the moderate to high category. Data analysis revealed a correlation coefficient of R = 0.574 with a significance level of p < 0.00. This indicates a significant positive relationship between interpersonal communication skills and positive conformity. In other words, the higher a student's interpersonal communication skills, the higher their positive conformity level, and vice versa. Keywords: Interpersonal Communication Skills, Positive Conformity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:39
Last Modified: 31 Jul 2024 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34317

Actions (login required)

View Item View Item