TINJAUAN SIYASAH TANFIZIYAH SYARI’IYYAH T E R H A D A P I M P L E M E N T A S I P A S A L 1 1 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 10 TAHUN 2019 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara)

AGISTI, FADEL BILIAN ABUNG (2024) TINJAUAN SIYASAH TANFIZIYAH SYARI’IYYAH T E R H A D A P I M P L E M E N T A S I P A S A L 1 1 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 10 TAHUN 2019 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AGISTI FADEL BILIAN ABUNG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba menyebutkan bahwa Satuan pendidikan negeri ataupun swasta wajib melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai dampak penyalahgunaan narkoba. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui koordinasi dengan Perangkat Daerah yang ditunjuk oleh Bupati dan dapat berkerjasama dengan instansi vertical dan lembaga lainnya. pada posisi ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupetan Lampung Utara menjadi bagian dari Perangkat daerah yang memiliki kewenangan untuk mengimplementasikan Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara? 2) Bagaimana tinjauan siyasah tanfiziyah syar’iyyah terhadap implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara? 2) Untuk mengetahui tinjauan siyasah tanfiziyah syar’iyyah terhadap implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekuder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa: 1) Implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara sudah diimplementasikan baik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan juga satuan pendidikan baik melalui sosialisasi dan edukasi. 2) Tinjauan siyasah tanfiziyah syar’iyyah terhadap implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara suda sesuai dengan empat prini dalam siyasah tanfiziyah syar’iyyah yakni meliputi prinsip kedaulatan teringgi berada di tanggal Allah SWT, prinsip keadilan, prinsip persamaan dan prinsip musyawarah. Kata Kunci : Siyasah Tanfiziyah Syar’iyyah, Implementasi, Narkoba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:51
Last Modified: 31 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34303

Actions (login required)

View Item View Item