IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MEMBANTU KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PEMILIHAN KARIR DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Husnul, Amalia Rofida (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MEMBANTU KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PEMILIHAN KARIR DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Husnul Amalia135.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Husnul Amalia full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti memperoleh gambaran bahwa peserta didik Di SMA YP UNILA Bandar Lampung masih ada beberapa siswa yang masih bingung tentang sekolah lanjutan setelah dari SMA dan juga menentukan arah hidupnya atas apakah ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau bekerja. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk djudul “Implementasi Layanan Informasi Karir Untuk Membantu Kesiapan Peserta Didik Dalam Pemilihan Karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung”. Adapun Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui dan manganalisis bagaimana Implementasi layanan informasi karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Kedua, Untuk mengetahui dan manganalisis apa saja hambatan-hambatan yang ada dalam implementasi layanan informasi karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Ketiga, Untuk mengetahui dan manganalisis seperti apa hasil daripada implememtasi layanan informasi karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Metode Penelitian adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer sumber data yang didapat melalui wawancara dengan guru bimbingan dan konseling. Data sekunder didapat melalui media perantara yang dapat berupa dokuementasi dari responden yaitu guru bimbingan dan konseling di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari perencanaan yang berupa penyusunan RPL (Rancangan Perencanaan Layanan). Kemudian dalam pelaksanaanya pertama, kegiatan pendahuluan. Kedua, kegiatan inti dan ketiga, kegitan penutup. Kemudian setelah selesai pelaksanaanya dilanjut dengan tahap akhir yakni tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dalam implementasi layanan informasi tentang karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung dilakukan melalui dua tahap evaluasi yakni evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dimana Kedua jenis evaluasi ini penting dalam memastikan efektivitas dan keberhasilan suatu aktivitas atau proyek. iv Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti seputar Implementasi layanan informasi tentang karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung tedapat hambatan dalam pelaksanaanya berupa kurang akuratnya informasi yang didapat, kemudian keberagaman karir dari tiapindividu peserta didik. Akan tetapi hasil dari implementasi layanan informasi tentang karir untuk membantu kesiapan peserta didik dalam pemilihan karir di SMA YP UNILA Bandar Lampung yakni tentunya peserta didik dapat memperoleh solusi dari layanan informasi karir terkait pemilihan karir mereka. Kata Kunci : Implementasi, Layanan Informasi Karir, Peserta Didik v ABSTRACT The researcher obtained an illustration that there were still some students at YP UNILA SMA Bandar Lampung who were still confused about going to secondary school after high school and also determining the direction of their life whether they wanted to continue their education to college or work. Based on this, the author is interested in the title "Implementation of Career Information Services to Assist Students' Readiness in Career Choices at SMA YP UNILA Bandar Lampung". The objectives of this research are 1. To find out and analyze how career information services are implemented to help students' readiness in choosing a career at SMA YP UNILA Bandar Lampung. 2. To find out and analyze what obstacles exist in implementing career information services to help students' readiness in choosing a career at SMA YP UNILA Bandar Lampung. 3. To find out and analyze the results of implementing career information services to help students' readiness in choosing a career at SMA YP UNILA Bandar Lampung. The research method is a qualitative approach, this research is included in the type of field research. This research uses data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Primary data is a source of data obtained through interviews with guidance and counseling teachers regarding the Implementation of Career Information Services to Assist Students' Readiness in Career Choices at YP UNILA SMA Bandar Lampung. Secondary data sources are obtained through intermediary media which can be in the form of documentation from respondents, namely guidance and counseling teachers at SMA YP UNILA Bandar Lampung. This research was carried out starting from planning in the form of preparing an RPL (Service Planning Plan). Then in the first implementation, preliminary activities. Second, core activities and third, closing activities. Then after completion of the implementation, it continues with the final stage, namely the evaluation stage. At the evaluation stage, the implementation of career information services to help students' readiness in choosing a career at SMA YP UNILA Bandar Lampung was carried out through two evaluation stages, namely process evaluation and results evaluation. Where these two types of evaluation are important in ensuring the effectiveness and success of an activity or project. Based on the results of research conducted by researchers regarding the implementation of information services about careers vi to help students' readiness in choosing a career at SMA YP UNILA Bandar Lampung, there are obstacles in its implementation in the form of less accurate information obtained, then the diversity of careers for each individual student. However, the result of implementing information services about careers to help students' readiness in choosing a career at YP UNILA High School Bandar Lampung is that of course students can get solutions from career information services regarding their career choices. Keyword : Implementation, Career Information Services, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:45
Last Modified: 31 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34302

Actions (login required)

View Item View Item