PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLANAN PESERTA DIDIK DI MTs NURUL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

ATINA, CITRA LESTARI (2024) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLANAN PESERTA DIDIK DI MTs NURUL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ATINA CITRA LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MTs nurul hikmah bandar lampung ini dilatar belakangi oleh sering timbulnya permasalahan kehadiran tepat waktu peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan bimbingan dan konseling komprehensif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MTs nurul hikmah bandar lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Teknik triangulasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 6 orang peserta didik yang memiliki masalah tentang kedisiplinan. Dalam penelitian yang dilakukan selama dua minggu, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling komprehensif di MTs Nurul Hikmah Bandar Lampung telah menunjukkan potensi yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, program ini telah memberikan dampak positif dan membuka jalan untuk pengembangan lebih lanjut. Keberhasilan ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dan terintegrasi dalam bimbingan dan konseling, serta relevansi pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam konteks sekolah berbasis agama. Kata Kunci: kedisiplinan, bimbingan dan konseling komprehensif iii ABSTRACT The research on the implementation of comprehensive guidance and counseling services to improve student discipline at MTs Nurul Hikmah in Bandar Lampung is motivated by frequent issues regarding students' punctuality. Therefore, the researcher aims to observe the implementation of comprehensive guidance and counseling services in enhancing student discipline. The objective of this study is to understand and comprehend the implementation of comprehensive guidance and counseling in improving student discipline at MTs Nurul Hikmah in Bandar Lampung. This research utilizes data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. The approach adopted is qualitative, employing triangulation techniques. The sample consists of six eighth-grade students who experience discipline-related issues. Over the course of two weeks, the implementation of comprehensive guidance and counseling at MTs Nurul Hikmah in Bandar Lampung has shown significant potential in enhancing student discipline. Despite facing various challenges, the program has delivered positive impacts and paved the way for further development. This success underscores the importance of a holistic and integrated approach in guidance and counseling, as well as the relevance of integrating Islamic values within the context of a religious-based school. Keywords: Discipline, Comprehensive guidance and counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:58
Last Modified: 31 Jul 2024 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34293

Actions (login required)

View Item View Item