IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NOMOR 7 TAHUN 2019 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PERSPEKTIF SIYA<SAH TANFIZ|IYYAH SYAR'IYYAH (Studi di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kecamatan Tulang Bawang Tengah)

ALIFIA, AZ-ZAHRA (2024) IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NOMOR 7 TAHUN 2019 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PERSPEKTIF SIYA<SAH TANFIZ|IYYAH SYAR'IYYAH (Studi di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kecamatan Tulang Bawang Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALIFIA AZZAHRA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kebakaran adalah suatu peristiwa oksidasi yang melibatkan tiga unsur yaitu: bahan bakar, oksigen, dan sumber panas yang berakibat pada kerugian harta benda, cidera bahkan kematian. Oksigen secara alami merupakan sesuatu yang paling banyak berada di bumi, bahaya kebakaran biasanya melibatkan bahan bakar atau panas. Untuk menghindari kebakaran harus memperhatikan tiga unsur di atas tersebut. Bila salah satu unsur tidak ada, kemungkinan api tidak akan menyala. Sehingga pemadaman api adalah dengan menghilangkan atau menghindari unsur-unsur di atas. Penelitian ini ingin menjawab dua persoalan 1) Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Di Pasar Pulung dan 2) Perspektif Siya>sah Tanfiz|iyyah Syar'iyyah terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat nomor 7 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode yang menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach). Penelitian lapangan dilakukan dengan mengkaji data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Penelitian Kesimpulan dalam penelitian ini pertama, Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Pasar Pulung Kecamatan Tulang Bawang Tengah sudah berjalan meskipun pada pelaksanaannya belum secara maksimal, karena ada salah satu kewajiban yang belum dilaksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yaitu simulasi rutin dan pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran di Pasar Pulung. Kedua analisis fiqh Siya>sah terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang dilaksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan kepada pedagang di Pasar Pulung sebagai unsur pelaksana dari pemerintahan kabupaten dan dalam kaitannya dengan fiqh Siya>sah bahwa implementasi belum sesuai dengan fiqh Siya>sah Tanfiz|iyyah. Hal ini karena kebijakan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan belum dilaksanakan secara optimal. Kebijakan tersebut belum dilaksanakan dengan baik dan kebijakan tersebut belum dapat memberikan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Peraturan daerah, Fiqh Siya>sah Tanfiz|iyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:49
Last Modified: 26 Jul 2024 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item