IMPLEMENTASI PELAYANAN PENCATATAN NIKAH BERBASIS ONLINE OLEHKANTOR URUSAN AGAMA DI KECAMATAN BUAY MADANG TIMURKABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

AULIA, RAHMAWATI (2024) IMPLEMENTASI PELAYANAN PENCATATAN NIKAH BERBASIS ONLINE OLEHKANTOR URUSAN AGAMA DI KECAMATAN BUAY MADANG TIMURKABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PELAYANAN PENCATATAN NIKAH BERBASIS ONLINE OLEH KANTOR URUSAN AGAMA DIKECAMATAN BUAY MADANG TIMURKABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR Oleh Aulia Rahmawati Skripsi ini membahas Implementasi Pelayanan Pencatatan Nikah Berbasis Online Oleh Kantor Urusan Agama di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Pelayanan pencatatan nikah berbasis online ini memberikan banyak manfaat, meskipun terdapat kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil, server pusat yang terbatas, dan masyarakat enggan melakukan pendaftaran mandiri, dan sebagian masyarakat yang cenderung dalam menggunakan IT . Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem online ini efektif dan dapat diandalkan, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan Hal ini penulis menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang ada di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Penulis mengamati secara langsung kondisi di lapangan, berkomunikasi dengan informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan informasi yang relevan, dan mendukung temuan dengan dokumentasi kegiatan. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori Kualitas Pelayanan Publik Supriyono. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pelayanan pencatatan nikah berbasis online di Kantor Urusan Agama Kecamatan Buay Madang Timur telah berjalan dengan baik dan memberikan berbagai manfaat, seperti efisiensi waktu, transparansi, mempermudah akses, mengurangi waktu tunggu, keamanan data, transparansi, dan akuntabilitas keabsahan data, dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan Kantor Urusan Agama. Namun, pelaksanaan pencatatan nikah masih menghadapi beberapa kendala, termasuk keterbatasan infrastruktur internet, pengetahuan teknologi masyarakat, dan sumber daya manusia yang terlatih. Meskipun demikian, masyarakat umumnya merasa puas dengan layanan ini, dan beberapa rekomendasi, seperti peningkatan infrastruktur, edukasi masyarakat, pelatihan petugas, dan penyediaan layanan pendampingan, diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut dan meningkatkan kualitas pelayanan di masa depan. Kata Kunci: Implementasi Pelayanan Pencatatan Nikah Berbasis Online, Kantor Urusan Agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:11
Last Modified: 26 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34194

Actions (login required)

View Item View Item