IMPLEMENTASI TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Atikatul, Ulum Ad Dahlani (2024) IMPLEMENTASI TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Atikatul BAB 1&2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Atikatul SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah diperlukan suatu bagian yang mendukung kegiatan tersebut yaitu ketatausahaan. Ketatausahaan merupakan suatu bagian dari sekolah yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di sekolah agar berjalan lancar sesuai apa yang telah direncanakan dan bisa tercapai seperti apa yang diinginkan. Ketatausahaan menjadi penting karena ketatausahaan dapat membantu dalam memfasilitasi subsistem lainnya, seperti halnya dalam bidang kesiswaan, kurikulum, kepegawaian, infrastruktur dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberhasilan implementasi tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi, dengan hal ini peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian mendeskripsikan, menceritakan, dan menginterpretasikan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dalam bentuk tertulis/lisan, perilaku dan data yang dapat diamati adalah pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dapat dianalisis melalui Langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini digunakan Teknik triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian tentang implementasi tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung telah terlaksana dengan baik, hal ini dilihat dari indikator yang sudah tercapai. Dalam penyusunan program kerja yakni dengan melakukan perencanaan kepegawaian dan perencanaan program. Perencanaan pegawai yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung yakni dengan memberikan perhatian khusus akan kepemilikan tenaga kerja yang kompeten dan pendayagunaan sumber daya yang ada dengan efisien. Adapun dalam proses perencanaan program yang diterapkan, kepala sekolah melakukan rapat rutin yang iii dilakukan setiap pekan dengan melibatkan beberapa pimpinan (Kepala TU, waka kesiswaan, waka kurikulum) dan staf TU yang bekerja. Terkait pengelolaan keuangan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung yaitu dimulai dari perencanaan anggaran sekolah yang dilakukan dengan membentuk tim ARKAS (Aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah) dengan melibatkan beberapa pihak yaitu komite, pimpinan sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, perserikatan (yayasan), dan bendahara. Sekolah ini memiliki beberapa program keuangan yang cukup unik yaitu ada Lazismu, Beasiswa Mentari, dan Gasebu. Untuk pengawasan yang dilakukan oleh pihak TU terkait dalam pengelolaan keuangan yaitu pihak TU membuat laporan langsung kepada kepala sekolah terkait dalam pengelolaan keuangan sekolah sehingga dapat selalu dipantau dan dievalausi, jika sudah dilaporkan ke kepala sekolah kemudian laporan tersebut diaudit oleh pihak yayasan yaitu BPK Muhammadiyah. Untuk penyusunan administrasi perlengkapan sekolah dimulai dari penyusunan rencana kebutuhan administrasi perlengkapan yang dilakukan pada awal tahun setelah diadakannya evaluasi TUPOKSI yang didalamnya membahas perencanaan, perumusan, pembuatan ide tentang penyusunan rencana kebutuhan administrasi perlengkapan sekolah dengan dibantu oleh beberapa guru. Kepala sekolah rutin mengadakan rapat dan mengkoordinasi sarana prasarana sekolah minimal satu pekan sekali guna menyamakan persepsi antar pemimpin. Dalam penyusunan laporan pelaksanaan pengurusan ketatausahaan SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dilakukan dengan pengadaan evaluasi secara berkala selama beberapa bulan sekali sekali terhadap TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi) para staf yang dijalankan. Jika sudah dilakukan pengawasan maka akan ada penggolongan grade yang berguna untuk mengukur kinerja dan massa kerja staf, hal ini bisa dilihat dan dinilai dari adanya pelanggaran tata tertib, TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi), dan SOP. Kata Kunci: Implementasi, Tata Usaha, Layanan Administrasi Abstract iv In order to support the smooth teaching and learning process in schools, a part that supports these activities is needed, namely administration. Administration is a part of the school that functions as a supporter of teaching and learning activities that take place in the school so that they run smoothly according to what has been planned and can be achieved as desired. Administration is important because administration can help in facilitating other subsystems, such as in the areas of student affairs, curriculum, personnel, infrastructure and others. This research aims to describe the success of implementing administration in improving administrative services, with this the researcher conducted this research to find out how the implementation of administration in improving administrative services at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The type of research used is qualitative research, namely research describing, telling and interpreting existing data and producing descriptive data from people in written/oral form, behavior and data that can be observed are statements. Data collection techniques are carried out through interviews, observation and documentation. Data that can be analyzed through data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The validity test in this research used the source triangulation technique which was achieved by comparing observational data with interview data. The results of research on the implementation of administration in improving administrative services at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung have been carried out well, this can be seen from the indicators that have been achieved. In preparing work programs, namely by carrying out personnel planning and program planning. Employee planning carried out at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung is by paying special attention to having a competent workforce and efficient use of existing resources. As for the program planning process implemented, the school principal holds regular meetings every week involving several leaders (Head of TU, Head of Student Affairs, Head of Curriculum) and TU staff who work. Regarding financial management carried out at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, it starts with school budget planning which is v carried out by forming an ARKAS team (Application for activity plans and school budgets) involving several parties, namely a committee, school leadership consisting of the principal, deputy principal, head of curriculum, head of student affairs, association (foundation), and treasurer. This school has several quite unique financial programs, namely Lazismu, Mentari Scholarship, and Gasebu. For supervision carried out by the TU related to financial management, namely the TU makes a report directly to the principal concerned in managing school finances so that it can always be monitored and evaluated, if it has been reported to the principal then the report is audited by the foundation, namely BPK Muhammadiyah. For the preparation of school equipment administration, it starts with the preparation of a plan for administrative needs for equipment which is carried out at the beginning of the year after the TUPOKSI evaluation is held, which discusses planning, formulating, creating ideas about preparing a plan for administration of school equipment needs with the assistance of several teachers. The school principal regularly holds meetings and coordinates school infrastructure at least once a week to equalize perceptions between leaders. In preparing the report on the implementation of the administrative management of SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, it is carried out by conducting regular evaluations every few months on the TUPOKSI (Main Duties and Functions) of the staff that are carried out. If supervision has been carried out, there will be a grade classification which is useful for measuring the performance and work mass of staff. This can be seen and assessed from violations of rules and regulations, TUPOKSI (Main Duties and Functions), and SOPs. Keywords: Implementation, Administration, Administrative Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:20
Last Modified: 26 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34181

Actions (login required)

View Item View Item