IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA DI MAN 1 PESISIR BARAT

Resti, Yana (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA DI MAN 1 PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RESTI YANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk mengatasi masalah pengangguran di indonesia, generasi bangsa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif serta memiliki keahlian dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dengan demikian pendidikan kewirausahaan didalam kurikulum 2013 diterapkan karena dipandang dapat meningkatkan kompetensi pembangunan. Dalam memaksimalkan pembelajaran pendidikan kewirausahaan dibutuhkan program-program untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui bagaimana tujuan dari pengajaran pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa di MAN 1 Pesisir Barat. (2) untuk mengetahui bagaimana materi kewirausahaan yang diberikan dalam pendidikan kewirausahaan di MAN 1 Pesisir Barat. (3) mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam pendidikan kewirausahaan di MAN 1 Pesisir Barat. (4) untuk mengetahui bagaimana pendidikan kewirausahaan menumbuhkan kesadaran adanya peluang bisnis di MAN 1 Pesisir Barat. Untuk mencapai tujuan diatas, maka digunakan jenis penelitian kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu pengumpulan data�data yang relevan yang dapat menggambarkan pembelajaran kewirausahaan di MAN 1 Pesisir Barat. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan data primer dan data sekunder, data primer merupakan data yang dikumpulkan secara langsung dari narasumber yakni kepala sekolah, waka kurikulum, waka humas, guru dan siswa MAN 1 Pesisir Barat. Sedangkan sumber data sekunder yakni data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang didapatkan dari madrasah. Uji keabsahan data yang dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) tujuan pembelajaran pendidikan kewirausahaan di MAN 1 Pesisir Barat adalah untuk menanamkan nilai�nilai kewirausahaan membangun karakter menciptakan kreatifitas dan keterampilan siswa sehingga tercapai wirausaha-wirausaha muda dimasa depan. (2) meteri yang diberikan sesuai dengan kurikulum 2013. (3) metode yang digunakan di MAN 1 Pesisir Barat ialah Metode metode intrakulikuler dan metode ekstrakulikuler. (4) pendidikan kewirausahaan tumbuhkan kesadaran adanya peluang bisnis. Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha iv ABSTRACT To overcome the problem of unemployment in Indonesia, the nation's generation is required to be more creative and innovative and have the skills to create their own jobs. Thus, entrepreneurship education in the 2013 curriculum is implemented because it is seen as being able to increase development competence. Maximizing entrepreneurship education requires programs to develop students' interests and talents. The aim of this research is: (1) to find out the aims of teaching entrepreneurship education in fostering students' entrepreneurial motivation at MAN 1 Pesisir Barat. (2) to find out how the entrepreneurship material provided in entrepreneurship education at MAN 1 Pesisir Barat. (3) find out the methods used in entrepreneurship education at MAN 1 Pesisir Barat. (4) to find out how entrepreneurship education raises awareness of business opportunities at MAN 1 Pesisir Barat. To achieve the above objectives, qualitative research with case study research was used, namely collecting relevant data that can describe entrepreneurial learning at MAN 1 Pesisir Barat. The techniques used to collect data are observation, interviews and documentation. The data sources used in this research were taken using primary data and secondary data, primary data is data collected directly from sources namely the school principal, head of curriculum, head of public relations, teachers and students of MAN 1 Pesisir Barat. Meanwhile, secondary data sources are documentation data and other supporting data obtained from madrasas. The data validity test was carried out using technical triangulation and source triangulation. The analysis used in this research uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research are (1) the learning objectives of entrepreneurship education at MAN 1 Pesisir Barat are to instill entrepreneurial values, build character, create student creativity and skills so that young entrepreneurs can be achieved in the future. (2) the material provided is in accordance with the 2013 curriculum. (3) the methods used at MAN 1 Pesisir Barat are intracurricular methods and extracurricular methods. (4) entrepreneurship education increases awareness of business opportunities. Keywords: Entrepreneurship Education, Entrepreneurship Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:52
Last Modified: 26 Jul 2024 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34174

Actions (login required)

View Item View Item