EFEKTIVITAS PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

INTAN, PRISTIAN LARASATI (2024) EFEKTIVITAS PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan unsur manusiawi yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, oleh karena itu guru sebagai sumber daya manusia yang berperanan penting dalam dunia pendidikan perlu dikembangkan secara terus menerus agar diperoleh sumber daya manusia yang bermutu dalam arti yang sebenarnya, yaitu dapat memenuhi tuntutan pekerjaanya. Jadi diantara semua komponen sistem pembelajaran di sekolah, guru merupakan komponen yang paling esensial dan menentukan kualitas pembelajaran Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang Efektivitas Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan: Kepala Sekolah, guru, dan siswa di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengecekan kredibilitas data dengan triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelatihan dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sudah meningkat terbukti dari peningkatan keterampilan dalam memahami kebutuhan siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Terbukti juga sudah dikatakan efektif dilihat dari bagaimana menerapkan strategi pembelajaran yang beragam, mengelola waktu, dan menciptakan iklim kelas yang kondusif, sejalan dengan teori Moekijat dan Mon & Mulyadi. Dikatakan sudah efektif juga terlihat pada pemahaman pedagogic guru yang kuat lebih mampu mengintegrasikan metode pembelajaran baru, dengan mengaplikasikan konsep-konsep motivasi dengan baik sesuai dengan teori motivasi seperti teori self-determination atau teori kebutuhan. Pelatihan sudah memenuhi unsur-unsur penting seperti kebutuhan pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai , dan penekanan pada praktik langsung serta refleksi dengan memberikan kesempatan bagi guru untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar, berdiskudi, dan berkolaborasi dengan sesama guru. Temuan ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa metode pelatihan yang efektif melibatkan teknik partisipatif seperti diskusi kelompok, simulasi, bermain peran, dan studi banding. Kata Kunci: Efektivitas pelatihan, kinerja guru iv ABSTRACT Teachers are the human element that determines the success of education, therefore teachers as the human resource that plays an important role in the world of education need to be developed continuously in order to obtain human resources that are of quality in the true sense, that is, to meet the demands of their work. So of all the components of the learning system in the school, the teacher is the most essential component and determines the quality of learning. This research aims to describe and analyze the effectiveness of training in improving teacher performance at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The research was carried out using a qualitative approach with a case study design. Data collection was carried out using interview techniques, observation and documentation with informants: Principal, teachers and students at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. To check the validity of the data, check the credibility of the data using triangulation of sources and techniques. The results of the research show that the effectiveness of training in improving teacher performance at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung has increased as evidenced by increased skills in understanding student needs, creating a fun and meaningful learning environment. It has also been proven to be effective in terms of how to apply various learning strategies, manage time, and create a conducive classroom climate, in line with the theories of Moekijat and Mon & Mulyadi. Being said to be effective can also be seen from the strong pedagogical understanding of teachers who are more able to integrate new learning methods, by applying motivational concepts well in accordance with motivation theories such as self�determination theory or needs theory. The training has fulfilled important elements such as the need to develop appropriate learning strategies, and an emphasis on direct practice and reflection by providing opportunities for teachers to be actively involved in the learning process, discussing and collaborating with fellow teachers. These findings are in accordance with the theory which states that effective training methods involve participatory techniques such as group discussions, simulations, role playing, and comparative studies. Keywords: Effectiveness training, teacher performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:54
Last Modified: 25 Jul 2024 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34154

Actions (login required)

View Item View Item