DEFRAGMENTING SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA

RITA, MELINDA (2024) DEFRAGMENTING SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Rita Melinda 1711050102.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang kesalahan struktur berpikir siswa dalam kemampuan pemahaman konsep pada materi logika matematika serta upaya defragmenting-nya. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Liwa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian studi kasus, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data serta mengamati. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara mendalam serta, 3) Dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik karena peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi tidak perlu proses defragmentasi dikarenakan struktur berpikir subjek sudah tertata dengan rapi. Subjek dengan kemampuan sedang dan rendah mengalami fragmentasi struktur berpikir sehingga subjek belum mampu menemukan strategi penyelesaian. Maka diperlukan proses defragmenting struktur berpikir dengan 3 tahap, yaitu disequilibrasi (memberikan intervensi dan refleksi materi yang telah dipelajari), conflict cognitive (pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), scaffolding (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Walaupun masing-masing respon berbeda, tetapi dengan pemberian defragmenting dapat membantu siswa menata struktur berpikirnya kembali dan membenahi kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci: Defragmenting, Pemahaman Konsep. iv ABSTRACT This research aims to obtain a description of students' thinking structure errors in their ability to understand concepts in mathematical logic material as well as their defragmenting efforts. This research was conducted on Class XI MIPA students at SMAN 2 Liwa. The approach used in this research is descriptive qualitative research. This type of research is case study research, the researcher acts as an instrument as well as collecting data and observing. Data collection methods use: 1) Tests, 2) In-depth interviews and, 3) Documentation as supporting data. The data analysis technique used is qualitative data analysis with the steps: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity technique in this research uses triangulation techniques because researchers use data collection techniques in the form of tests, interviews and documentation. The results of this research show that high-ability subjects do not need a defragmentation process because the subject's thinking structure is neatly arranged. Subjects with medium and low abilities experience fragmentation of their thinking structures so that the subjects have not been able to find a solution strategy. So a process of defragmenting the thinking structure is needed with 3 stages, namely disequilibration (providing intervention and reflection on material that has been studied), conflict cognitive (contradicting student concepts with scientific concepts), scaffolding (providing assistance and forming connections in the student's thinking structure). Even though each response is different, defragmenting can help students reorganize their thinking structures and improve their ability to understand concepts. Keywords: Defragmenting, Concept Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:38
Last Modified: 25 Jul 2024 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item